Jejak Rasa 7 Tahun Bloggercrony Community

Bulan Februari lalu tepatnya tanggal 24, Bloggercrony Community (BCC) genap berusia 7 tahun. Yeaay Happy Birthday BCC! Sebagai seorang member BCC atau yang lebih akrab dipanggil #BCCSquad selama kurang lebih 5 tahun, rasanya saya ikut kecipratan bahagia di perayaan hari jadinya setiap tahun. Karena BCC always bikin acara seru, berkesan dan bertabur hadiah sejak awal saya bergabung.

Tahun 2016 adalah tahun pertama kali bergabung dengan BCC, saat itu saya baru mulai berkenalan dengan dunia blogging. Sempat insecure saat diundang pertama kalinya meliput acara launching brand popok bayi di sebuah Mall di daerah Jakarta Barat. Bertemu dengan blogger-blogger senior dengan sikap yang beraneka ragam, ada yang ramah dan ada pula yang acuh tak acuh.

Akhirnya sikap insecure itu saya buang jauh-jauh, sambil terus berpikir bahwa kami semua ada disini karena undangan untuk mewakili BCC, jadi daripada sibuk memikirkan sikap orang lain mending fokus membuat konten yang nantinya bakal dimintakan laporannya.

Di event pertama inilah saya akhirnya tau kalau profesi blogger ternyata bisa menjadi sumber penghasilan karena beberapa brand atau agensi yang bekerjasama dengan sebuah komunitas akan memberikan rewards kepada blogger-blogger yang telah bekerja dengan baik.

Dari event perdana itu juga saya akhirnya tau kalau blogger enggak cuma dapat bayaran tetapi juga dapat produk, makan siang gratis di restoran dan ilmu yang bermanfaat sebelum orang-orang lain diluar sana mengetahuinya. Karena kita selalu jadi orang pertama yang tahu. 

Happy nya lagi, tahun 2019 lalu saya juga sempat ikutan hebohnya perayaan ulang tahun BCC di Kota Bandung, pokoknya beruntung banget bisa terpilih menjadi salah satu dari 100 blogger yang bisa bermain seru di Trans Studio Bandung, serta menikmati indahnya venue Crown Plaza Bandung saat itu. Dibekali dengan ilmu yang melimpah serta disuguhi menu liwetan yang rasanya juara banget. 


Namun 2 tahun belakangan dimana kondisi negara kita masih dilanda pandemi, even Anniversary BCC tahun 2022, juga dihelat secara virtual pada Hari Minggu 27 February 2022 mulai jam 11.00 siang hingga jam 16.00. Wow...enggak kerasa hampir 5 jam kita larut dalam perayaan seru tersebut. Tak hanya bagi-bagi hadiah dari berbagai kompetisi, BCC juga memberikan kesempatan untuk belajar dengan menghadirkan narasumber yang siap berbagi materi seputar blogging dan dunia digital.

Tentu saja yang hadir juga bukan narasumber biasa tetapi 5 (lima) sosok istimewa dan sukses dibidangnya, mereka adalah :

  1. Matahari Timoer (Blogger & Content Creator)
  2. Joe Candra P (Blogger & CEO of Seven Creative Media)
  3. Anwar Natari (Editor & Dosen Bahasa Indonesia)
  4. Tuhu Nugraha (Digital Bussiness Consultants & Trainer)
  5. Tsurayya Syarif Zain S.Pd.I, S.Psi, M.A (Praktisi Psikologi Pendidikan, Founder alfalah.ed & sayanganak.id)

Sebelum acara mini talkshow dimulai, Kak Wardah Fajri dan Kak Satto Raji menyambut para BCC Squad dan membuka acara spesial pada hari itu. Founder dan CEO Bloggercrony tersebut juga memperkenalkan beberapa program Bloggercrony yang sudah berjalan diantaranya adalah BloggerHangout, BloggerPreneur, BloggerCare dan Arisan BCC. Semuanya bisa berjalan lancar berkat kerjasama komunitas dan member.

Dari semua program BCC yang ada, saya paling suka dengan program BloggerCare, baik kakak founder maupun tim BCN selalu sigap setiap kali ada musibah dan bencana yang datang di sekitar kita. Lewat perantara BloggerCare inilah kita bisa membantu saudara-saudara kita yang sedang dilanda musibah maupun kedukaan secara cepat dan tepat sasaran. 

Namun selain BloggerCare, semua program-program BCC tentunya sangat bermanfaat bagi membernya juga, saya sendiri sangat salut dengan sepak terjang BCC, saking salutnya saya pernah menyampaikan kebanggan saya sebagai BCCSquad pada sebuah forum diskusi untuk kemajuan sebuah komunitas, karena apa?karena saya merasa BCC adalah sebuah komunitas yang tidak membedakan gender, usia dan latar belakang membernya, semuanya dirangkul untuk bersosialisasi dan belajar

Keseruan BloggerDay 2022

Seperti #BloggerDay yang sebelumnya, #BloggerDay2022 juga didukung oleh banyak sponsor, salah satunya adalah Cera Production sebagai sponsor pendukung  yang memproduksi souvenir dan kaos BCC Squad untuk selebrasi virtual 7th Komunitas Bloggercrony Indonesia.

Cera Production merupakan perusahaan yang bergerak dalam production service (layanan produksi) untuk kantor swasta dan instansi yang memproduksi Premium Gift Set, Souvenir, souvenir kantor, seminar kit kantor, seragam kerja dan kebutuhan cetak (percetakan). Selama lebih dari 10 tahun, Cera telah dipercaya oleh lebih dari 350 kantor perusahaan dan instansi. Saat ini Cera dapat dijumpai di 13 kota di Indonesia.

Selain Cera Production, BloggerDay 2022 juga disponsori oleh : 

@ceraproduction, @astonsimatupang, @mangroovejakarta.id, @idcloudhost, @katalensaku.photoworks, @alagyoza.id, @digiefood.id, @nyipedesouvenir 


Makanya udah kebayang kan keseruannya seperti apa, yuk kita mulai ceritanya...

1. Sharing Session  

Tema sharing session pertama adalah "Blogging Organik vs Monetisasi" dengan narasumber Joe Candra dan Matahari Timoer. Keduanya sama-sama berprofesi sebagai seorang blogger namun mereka memiliki prinsip masing-masing untuk mengelola blognya. Misalnya kakak Joe Candra yang melalui perjuangannya lewat beberapa lomba blog mulai menemukan jati dirinya sehingga ia berfikir untuk monetisasi platform yang dikelola.

Tips monetisasi dari Kak Joe bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa cara yaitu :

  1. Google Adsense
  2. Sponsor Post (Review Produk)
  3. Ikut blog competition
  4. Menjual produk fisik & digital (kaos dan video iklan, afiliate marketing) lewat blog

Seluruh keuntungan dari dunia blogging ia pisahkan 10%  untuk investasi. Namun selain uang, keuntungan lainnya yang dia dapatkan lewat dunia blogging adalah seorang Joe Candra bisa jalan-jalan gratis ke 2 negara. Pesan kak Joe kepada para blogger agar paham brand dan product knowledge sebelum melakukan review. Berprofesi sebàgai Blogger ia juga merasakan keuntungan lainnya yaitu lebih famous 


Berbeda dengan Joe Candra, kak Matahari Timoer (MT) justru berhenti monetisasi kanal blog nya sejak tahun 2015, ia mulai mengakhiri kerjasama dengan agency dan memutuskan untuk mengisi blognya dengan tulisan-tulisan organik. Kak MT sendiri mulai ngeblog tahun 2003, awalnya ngeblog rame-rame tentang sastra. Lalu tahun 2004 mulai bikin blog sendiri. Ketika itu ia harus ke warnet yg jaraknya 45k ke arah kota Cilegon. Dan isi blognya kebanyakan penulisan organik juga keresahan sosial

Nama Matahari Timoer pertama kali dipakai tahun 1991 saat menulis tentang sosial politik. Lalu di tahun 2006 sebuah penerbit mengontaknya,  yaitu Mizan Bandung untuk sebuah tulisan yang radikal dijadikan novel. Selain itu ia juga sibuk dengan kegiatannya menjadi narasumber di berbagai kota

Menurutnya menulis itu adalah sebuah kegiatan biar tetap waras, karena setiap manusia butuh ruang untuk pelampiasan. Pesan kak MT untuk BCC Squad adalah "Sejak awal menulis jangan pernah jauh dari kamus (KBBI), kita juga bisa belajar banyak dari komen teman-teman di blog. No typo typo perhatikan diksi dan frasa"


Di sesi kedua webinar, ada pembahasan tentang "Dunia Digital Meteverse & Kejahatan Berbahasa" oleh Kak Anwar Natari dan Tuhu Nugraha. Sebagai seorang Digital Bussiness Consultants & Trainer, kak Tuhu menjelaskan apa itu Metaverse yang akan membuka peluang baru namun ada potensi yang akan muncul meskipun semua orang bisa berinteraksi. Sedangkan kak Anwar Natari juga menjelaskan bahwa sms atau emoticon bisa mewakili kata-kata, untuk itu semua media komunikasi dan ekspresi masih dianggap media bahas

Lanjut ke Webinar ketiga dengan tema "Bisa Yuk Gali Potensi Jadi Pribadi Terbaikmu" oleh Tsurayya Syarif Zain S.Pd.I, S.Psi, M.A , di sesi ini kita belajar banyak tentang psikologi terutama minat dan bakat. Mana yang diutamakan saat memilih karir? Minat dan bakat memiliki pengertian yang berbeda, yaitu : 

  • Minat : sumber motivasi yang mendorong seseorang untuk melakukan apa yang mereka inginkan saat diberi kesempatan memilih (Elizabeth Hurlock)
  • Bakat : Potensi dasar atau kepandaian yang dimiliki sejak lahir (Howard Gardner)

Ada 3 unsur yang membentuk minat yaitu faktor internal, faktor sosial dan faktor emosional, untuk bakat bisa dilatih tetapi membagun minat lebih sulit dari bakat. Lewat paparannya Kak Tsurayya mengajak BCC Squad untuk mendobrak kebiasaan-kebiasaan lama fixed mindset dan mengembangkan grow mindset. Tuh kan daging banget ya materi yang ada di BloggerDay 2022 sesuai banget sama tagline nya  #ScaleUpYourSkill


2. Hiburan dari BloggerVoice Uwan Nurwan dan Melyluthia Sari

3. Pembagian hadiah kuis dan doorprize


4. Lomba Blog berhadiah jutaan rupiah

Rangkaian acara selama kurang lebih 5 jam tersebut begitu berkesan dan berbobot. Berharap tahun depan bisa ikutan lagi acara seru lainnya dari BCC. Buat teman-teman yang belum kenalan dengan Bloggercrony Community  bisa kunjungi 

Instagram : @bloggercrony
Facebook : Bloggercrony Community
Twitter : @bloggercrony


Tidak ada komentar

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung ke www.indrifairy.com
Jangan lupa tinggalkan komentar ^_^