Tips Tetap Sehat dan Bugar Selama Bulan Ramadan

Suatu hari sepulang sekolah saya melihat raut wajah anak-anak begitu lesu dan lemas, saat ditanya kondisi mereka nampaknya sih sehat-sehat saja cuma katanya begini "Cuma lemas aja kok Ma, kan lagi puasa". Saya jadi senyum-senyum sendiri mendengar jawaban si kakak dan si adek, kemudian saya menyuruh mereka bergegas mengganti baju seragam sekolah dan beristirahat sambil menunggu waktu berbuka puasa, biasanya sih mereka lebih banyak menonton tayangan IndiHome diruang keluarga atau bermain games online di Personal Computer yang ada di ruang kerja ayahnya. 

Melihat mereka sudah berada dirumah dan bisa berkumpul sebelum waktu berbuka puasa tiba tentunya saya sangat bahagia, apalagi waktu santai sore mereka bisa dinikmati dengan bahagia karena Internet Cepat yang ada dirumah membuat segalanya begitu menyenangkan. Sebagai ibunya anak-anak saya paham banget jika menjalankan puasa di minggu-minggu pertama memang terasa berat karena masih proses penyesuaian. Jadi untuk diawal, enggak apa-apa deh ya santai-santai dulu.

Namun ketika memasuki minggu kedua, saya tentu saja tidak tinggal diam dan membiarkan mereka bermalas-malasan dengan alasan lemas. Bulan Ramadan adalah bulan penuh rahmat yang seharusnya kita isi dengan ibadah dan kegiatan lain yang bermanfaat untuk meraih pahala sebanyak-banyaknya, bukan hanya rebahan sambil menunggu waktu berbuka, aktivitas sebelum Ramadan seperti berolahraga pun harus tetap dijalani meskipun tidak sesering hari biasanya dan bisa dilakukan dirumah dengan menonton tayangan Youtube yang disupport oleh Internet Cepat

Aturan ini saya buat bukan hanya untuk anak-anak, tetapi berlaku juga untuk pak suami yang begitu sibuk dengan pekerjaannya sehingga tidak sempat berolahraga. Padahal kondisi tubuh kita harus tetap fit selama berpuasa apalagi ibadah puasa Ramadan akan kita jalani selama sebulan penuh, dan selama itulah selain asupan bergizi seimbang untuk menu berbuka puasa dan sahur, tubuh juga perlu beraktifitas fisik. 

Ketika mengajak anak-anak mulai berolahraga selama bulan Ramadan, awalnya sih mereka menolak, namun saya mencoba mengajak si adek untuk membuka laptopnya dan cek di Internet tentang manfaat olahraga lalu dengan dukungan Internet Cepat kami menemukan sebuah artikel di Halodoc tentang manfaat apa saja yang akan kita dapatkan dengan berolahraga, sejak dia melihat penjelasan lengkap tersebut dan memberitahukan kepada kakak dan ayahnya, akhirnya mereka paham akan pentingnya berolahraga saat Ramadan

Manfaat Berolahraga di Bulan Ramadan

Dilansir dari Halodoc, olahraga saat bulan Ramadan memiliki beberapa manfaat salah satunya adalah bisa memperbagus mood dan menjaga stabilitas. Selain itu, berolahraga dapat menjaga metabolisme tubuh dan membuat hormon bisa bekerja maksimal. Sedangkan untuk manfaat lainnya adalah sebagai berikut :

Olahraga Dapat Menjaga Kebugaran Tubuh

Selama berpuasa sangat penting untuk tetap menjaga kebugaran tubuh dengan melakukan olahraga pagi. Selain membuat tubuh kamu tetap sehat, kamu juga masih bisa merasakan suasana segar dan udara yang bersih. Dengan begitu, ibadah puasa yang kamu jalani juga akan terasa bersemangat. Untuk olahraga pagi, kamu bisa melakukan olahraga ringan seperti joging, bermain sepeda, atau hanya sekedar berjalan di taman dekat rumah.

Olahraga Dapat Menurunkan Berat Badan

Tanpa melakukan olahraga rutin, puasa dikhawatirkan hanya membuat berat badan kita justru bertambah. Penyebabnya adalah setelah seharian menahan haus dan lapar, biasanya saat berbuka kita akan lupa untuk makan sehat dan nafsu makan juga tidak terkontrol. Sehingga, kita cenderung untuk menikmati makanan sebanyak-banyaknya. Wah, kalau hal ini terjadi selama bulan ramadan, tidak menutup kemungkinan saat hari Raya kamu akan terlihat semakin membesar.

Detoksifikasi Tubuh Tetap Lancar

Detoksifikasi atau pengeluaran racun pada tubuh akan berjalan dengan baik jika sistem pencernaan pada tubuh kita berjalan dengan baik. Pada saat puasa, tubuh kita sedang beristirahat karena tidak mengonsumsi apapun dan di sini lah manfaat kita menjalankan olahraga meskipun sedang menjalani ibadah puasa.

Mempertahankan Massa Otot

Saat kita menjalankan ibadah puasa dan tidak melakukan apa-apa, ternyata bisa membuat otot kita menjadi kendur. Salah satu cara untuk tetap mempertahankan massa otot adalah tetap berolahraga meskipun sedang menjalani ibadah puasa. Kita bisa melakukan olahraga pada sore hari menjelang berbuka puasa dengan@ melakukan latihan yang ringan seperti kardio.

Setelah mengetahui beberapa manfaat berolahraga saat menjalankan ibadah puasa Ramadan, sekarang waktunya saya berbagi tips kapan waktu yang tepat dan olahraga apa yang bisa kita lakukan di bulan Ramadan?

Tips Berolahraga Saat Ramadan

1. Sesuaikan waktunya, luangkan waktu untuk melakukan olahraga sesaat sebelum waktu buka puasa atau saat pagi hari sebelum menjalani aktivitas. Melakukan olahraga pada saat akan berbuka atau ngabuburit, jogging atau bersepeda dengan kecepatan dan jarak sedang bisa menjadi pilihan

2. Pilih Olahraga yang tepat, ketika berpuasa aktivitas berolahraga tetap harus dilakukan supaya tubuh tetap bugar. Olahraga saat puasa perlu memperhatikan kondisi tubuh dan pemilihan waktu yang tepat, tidak menyebabkan kelelahan dan intensitas ringan dan tidak dilakukan pada siang hari

3. Lakukan olahraga bersama orang tercinta, bisa keluarga atau teman terdekat. Ada sejumlah olahraga yang bisa dilakukan di dalam rumah. Salah satunya adalah Yoga yang bisa kita simak tutorialnya melalui tayangan Youtube apalagi jika ada sinyal Internet Cepat 

4. Jadikan berolahraga menjadi sebuah rutinitas, dengan melakukan olahraga, pembakaran lemak pada tubuh akan terus berjalan. Jika olahraga selama puasa dilakukan secara konsisten, tubuh kita tetap kencang dan terhindar dari lipatan lemak.

5. Tetap menjaga tubuh agar tetap hidrasi, saat sahur, minumlah air yang banyak untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Setelah itu, berolahragalah dengan intensitas ringan.

Berpuasa sebaiknya tidak menghalangi kita untuk tetap produktif melakukan olahraga karena manfaatnya yang cukup banyak bagi kesehatan. Namun kita juga harus ingat, lakukan olahraga yang ringan dan jangan terlalu memaksakan tubuh. Dari sebuah situs kesehatan yang saya buka lewat Internet Cepat dengan berolahraga kita akan mengoptimalkan sirkulasi darah dan fungsi kelenjar getah bening. Puasa sehat artinya kita mengistirahatkan seluruh organ pencernaan pada tubuh kita, tetapi saat berolahraga fungsi organ pencernaan akan berfungsi normal seperti biasa. Sehingga, detoksifikasi pada tubuh akan tetap berjalan dengan normal. Olahraga yang kita lakukan pun tidak harus keluar rumah. Kan bisa simak tutorialnya lewat IndiHome, provider Internet cepat milik Telkom Indonesia. Nah, mau ada alasan apa lagi buat tidak berolahraga?

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung ke www.indrifairy.com
Jangan lupa tinggalkan komentar ^_^