Rekomendasi Bengkel Service Motor Terbaik

Pasca resign dari tempat bekerja, aktifitas saya dirumah memang full mengurus rumah tangga, setiap harinya saya bangun lebih pagi untuk mempersiapkan sarapan dan bekal anak-anak hingga mengantar mereka ke sekolahnya masing-masing dengan menggunakan sepeda motor, setelah drop mereka di depan kelasnya, saya lanjut mengendarai sepeda motor saya ke Pasar Modern terdekat lalu kembali kerumah untuk memasak. Kemudian sekitar pukul 2 siang saya kembali menaiki sepeda motor saya untuk menjemput mereka dari sekolahnya. 

Seperti itulah kesibukan saya setiap harinya hingga predikat "Macan Ternak" alias Mama Cantik Anter Anak memang begitu melekat pada diri saya, profesi ini saya jalani dengan penuh totalitas. Dengan bermodalkan sepeda motor matic hadiah dari suami ketika ulangtahun pernikahan kami yang kesekian, saya begitu gagah dan penuh semangat menembus kemacetan jalanan untuk mengantar kedua anak saya ke sekolah. Semua aktifitas harian saya tersebut menjadi lancar dan mudah berkat performa sepeda motor matic yang saya rawat dengan penuh kasih sayang. 

Pernah suatu hari di parkiran motor sekolah, serombongan ibu-ibu yang mengantarkan anaknya, saling berbicara satu sama lain sambil menunjuk kearah motor saya, mereka bilang "Wah motor siapa nih, kinclong banget warnanya, mirip sih dengan motor saya tapi kok bagusan ini ya?". Saya yang mengamati mereka dari jauh hanya senyum-senyum sendiri karena kejadian ini bukan hanya sekali ini terjadi tetapi sering banget

Ketika parkir dimanapun, motor saya memang terlihat paling kinclong, penyebabnya tentu saja karena rajin dicuci setelah dipakai, apalagi ketika musim hujan dan melewati lumpur, motor memang harus segera dibersihkan agar kotoran tidak masuk ke suspensi dan menyebabkan kerusakan lainnya. Oiya...selain rutin mencuci motor, saya juga melakukan perawatan rutin ke bengkel agar performa motor matic saya tetap prima, tarikan lebih enteng dan aman dari segi keselamatan. 

Biasanya setiap kali melakukan service motor, saya list dulu apa saja keluhan yang saya hadapi selama berkendara, misalnya Oli motor matic namun ternyata ada beberapa bagian penting yang wajib di cek saat melakukan service motor di bengkel, bukan hanya bagian yang rusak saja, lalu apa sajakah bagian-bagian penting tersebut? 

8 Bagian Ini Wajib Dicek Saat Service Motor

Pengertian service motor adalah pengecekan kondisi motor secara rutin yang biasanya dilakukan saat motor sudah mencapai jarak tempuh tertentu. Atau jika ada keluhan yang kita rasakan saat berkendara. Tetapi penting untuk diketahui ada 8 bagian yang wajib di cek saat melakukan service motor di bengkel, yaitu sebagai berikut : 

1. Oli Mesin

Oli mesin berfungsi sebagai pelumas, pendingin, dan pelindung mesin. Itu sebabnya, kamu perlu rutin mengganti oli sesuai jarak tempuh yang tercapai dimana rata-rata pabrikan merekomendasikan penggantian di 2500 Km. Biasanya, biaya yang perlu kamu bayar, meliputi biaya pembelian oli (harga tergantung merek) dan biaya jasa ganti olinya.

Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan / retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km / 2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli

2. Oli Gardan

Pengguna motor matic wajib rutin ganti oli gardan. Mengingat fungsi oli gardan untuk melumasi gear yang ada di Continuously Variable Transmission (CVT). Waktu penggantiannya menggunakan rumus 2x ganti oli mesin, kemudian baru dibarengi dengan 1x ganti oli gardan.

3. Busi

Busi adalah part atau bagian di motor yang fungsinya untuk mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga mesin dapat menyala. Jika busi tak berfungsi baik, maka bisa menyebabkan motor sulit dinyalakan. Untuk itu diperlukan penggantian busi.

4. Kampas Rem

Keamanan dan keselamatan berkendara menjadi faktor penting yang perlu diperhatikan. Salah satu komponen pada motor yang besar pengaruhnya pada keselamatan, yaitu sistem pengereman. Jika kampas rem sudah tipis, rem pun jadi kurang pakem, dan bisa menyebabkan bahaya kecelakaan. Inilah. alasan penting kondisi kampas rem harus selalu dicek saat melakukan service motor.

5. Filter Udara

Fungsi filter udara adalah menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran agar jangan sampai ada kotoran yang masuk, kemudian menyumbat sistem injeksi dan karburator. Biasanya, pemeriksaan akan dilakukan terlebih dahulu, sebelum mekanik memutuskan, apakah filter udara masih bisa dibersihkan atau harus diganti.

6. Aki atau Accu

Tegangan pada aki idealnya berada padal 12,3-12,6 Volt dalam kondisi mesin mati. Sementara jika mesin menyala, maka tegangan aki berada pada 13,7 - 14,2 Volt. Nah, kalau tegangan aki tak sesuai ketentuan tersebut, ditemukan ada kebocoran, atau kondisi terminal berkarat, mau tidak mau mekanik harus melakukan pemeriksaan detail. Kondisi aki yang sudah tidak layak harus segera diganti agar kamu tetap bisa menggunakan motor dengan nyaman.

7. Ban

Pemeriksaan ban juga penting lho dan perlu dilakukan secara berkala. Bahkan seharusnya, kamu memeriksa kondisi ban terlebih dahulu sebelum menggunakan motor. Namun pada saat service motor, mekanik akan memfokuskan pemeriksaan pada tekanan udara di dalam ban, kondisi ban secara keseluruhan (bannya gundul atau tidak), dan sebagainya.

8. Tune up Motor Rutin

Service motor tune up adalah servis rutin yang meliputi pemeriksaan semua komponen, terutama komponen-kompenen yang berkaitan dengan performa motor secara keseluruhan. Pemeriksaan biasanya fokus pada tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan karburator (saringan udara), memeriksa tegangan rantai, rem, dan klakson.

Untuk bagian tune up terkadang disertai dengan ganti oli mesin, ganti oli gardan, atau penggantian sparepart. Namun sebelum melakukan perbaikan, mekanik di bengkel akan menginformasikannya terlebih dahulu kepada kita. Kalau kita setuju, barulah mekanik melakukan perbaikan. Jadi tak perlu khawatir deh! 


Service Motor Rasa Baru di Bengkel Servis Motor Terbaik Planet Ban

Secara berkala pak suami selalu mengingatkan saya untuk melakukan service motor rutin di bengkel service terbaik, katanya sih perempuan juga wajib tahu bukan cuma pakai nya saja, kebetulan beliau punya bengkel langganan yang bagus dengan layanan prima dan pelanggannya pun selalu ramai setiap kali kami lewat. Bengkel service motor tersebut tak lain dan tak bukan adalah Planet Ban. 

Awal berkenalan dengan Planet Ban adalah ketika pak suami membeli sepasang ban baru untuk motornya, lalu ketika saya mulai intens menjadi Macan Ternak, saya jadi rutin berkunjung ke bengkel ini untuk merawat motor saya. Menurut saya dan pak suami untuk mendapatkan servis yang bagus, kita harus mencari bengkel servis motor yang bagus juga. Dan kami berdua selalu mengandalkan Planet Ban karena bengkel ini, kita bisa mendapatkan service motor rasa mesin baru. Wah apa nih maksudnya?

Servis motor rasa mesin baru dikenal juga dengan sistem servis terpadu. Tujuan melakukan jenis service motor ini untuk meng-upgrade atau meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan cara yang cepat dan biaya lebih hemat. Fokus pemeriksaan dan perbaikan pada servis motor rasa baru, yaitu bagian vital yang letaknya tersembunyi dan jarang diservis, termasuk jarang dicek dan disetel rutin. Keren banget kan layanan yang diberikan oleh Planet Ban.


Selain itu ada beberapa manfaat jika kita melakukan service di Planet Ban adalah sebagai berikut : 

  1. Menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi sehingga dapat meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin. Otomatis, mesin jadi lebih awet (jarang rusak). 
  2. Jika dipadukan dengan penggunaan sparepart asli, maka pemakaian menjadi lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin, dan tarikan enteng 
  3. Ganti oli cukup setiap mencapai jarak tempuh 5000km saja (antara 4-6 bulan sekali), sehingga kamu tidak perlu sering ke bengkel. Biaya servis jadi lebih hemat. 
  4. Kamu bisa ikut memelihara dan menjaga lingkungan hidup karena emisi dan polusi dari motor berkurang.


Mengapa Harus Service Motor di Planet Ban?

Sudah menjadi rahasia umum kalau Planet Ban memiliki banyak keunggulan dibandingkan bengkel lainnya. Selain mengutamakan kualitas produk dan layanan terbaik. Service Motor di Planet Ban sangat berbeda, misalnya saja ketika kita melakukan service di bengkel atau tempat lain, biasanya masih banyak kotoran, debu, dan sisa pembakaran yang tertinggal di beberapa bagian mesin motor. Bahkan sering pula ditemukan kotoran dan debu di blok CVT yang membuat motor jadi terasa berat.

Yang membuat Planet Ban berbeda adalah ketika kita melakukan service motor rutin maka seluruh bagian atau part mesin akan dibersihkan hingga seperti baru. Bahkan kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semuanya bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran sehingga terlihat seperti mesin baru. Pelanggan pun sangat puas dan bakal balik lagi karena service motor di Planet Ban bikin motor kamu seperti punya mesin baru. Hasilnya, tarikan jadi lebih enteng, emisi turun lebih dari 70%, lebih hemat BBM, dan mesin jadi bersih total.

Bicara soal harga service motor, di Planet Ban yang selengkap ini, harganya terjangkau banget. Untuk service motor injeksi hanya Rp20.000,- service CVT sekaligus rantainya Rp19.500,- bahkan service throttle body juga cuma Rp20.000,-. Asli enggak bikin kantong bolong pokoknya. Aniway, sekarang kalian sudah tahu kan manfaat cek kondisi motor secara rutin dan bagian apa yang perlu diservis. Coba yuk di ingat-ingat lagi, kapan terakhir kali service motor? Jangan ragu dan bimbang kalau perlu service motor, ganti Oli motor matic yuk ke Planet Ban saja dan dapatkan layanan terbaik untuk servis motor rasa baru.

19 komentar

  1. Planet Ban sih udh terpercaya yaaa...kalo services2 ganti oli pasti selalu kesini, kalo nyoba2 tempat lain tuh suka dimain2in harganya

    BalasHapus
  2. Servis rutin emang penting banget ya mb in supaya mesin motor awet performanya juga bagus jangan sampe pas lagi bonceng anak anter skolah tau2 mogok ya..aku juga rutin nih ke Planet Ban buat service supaya mesin motorku awet terhindar dari rusak

    BalasHapus
  3. Aku juga kalau servis udah percayanya sama Planet Ban, bebas worry kalau di sini. Kita merasa tenang, gak takut kendaraan diapa2in gt....

    BalasHapus
  4. Kalau udah ke bengkel dan kendaraan diservice rasanya jadi baru lagi ya. Lebih gress....dan enak digunakannya. Btw, budget bengkelnya terjangkau banget nih.

    BalasHapus
  5. Kebetulan motor yg suami pakai saat ini matic juga. Bagian yang paling sering ngadat itu Busi. Memang perlu juga nih mampir ke Planet Ban buat service motor matic ini.

    BalasHapus
  6. Planet Ban salah satu tempat langganan pak suami kalo mau servis dan ganti ban, kerjaannya rapih dan apalagi dapat free setahun isi angin ban, asikk kan

    BalasHapus
  7. mba aku baru tahu kalau di planet ban bisa untuk service motor juga, harga terjangkau dan mudah ditemukan juga yah

    BalasHapus
  8. baru kemarin aku tuh ganti oli, ganti oli ini penting banget jangan sampai disepelein, kalau males ganti oli, mesin bisa rusak dan lebih parah biasanya kerusakannya dibanding ganti oli yang ga seberapa asalkan rajin aja ke bengkel

    BalasHapus
  9. memang seneng banget makenya kalo motor tuh kinclong dan ringan abis di service. btw biaya servicenya murah banget ya mba di planet ban

    BalasHapus
  10. Baru tau servis di Planet Ban ternyata se murah itu. Aku kira bakal lebih mahal daripada bengkel resmi brand motornya. Kebetulan nih bulan ini aku belum ganti oli dan servis. Mungkin nanti mau coba di Planet Ban aja kali ya

    BalasHapus
  11. Wah, Planet Ban emang yang terbaik sih. Teknisi-teknisinya pada udah berpengalaman. Alat-alat yang digunakannya juga udah modern. Jangankan buat service, buat ganti oli aja, suamiku bawa motornya ke Planet Ban. Banyak pula bengkelnya ya. Ada di mana-mana.

    BalasHapus
  12. Banyak banget memang yang senang melakukan pemeriksaan rutin kendaraannya di Planet Ban. Banyak cabangnya juga sehingga mudah banget dijangkau sesuai tempat tinggal pengguna kendaraan bermotor. Pelayanan di setiap cabang pun nggak jauh berbeda.

    BalasHapus
  13. Jika ingin motor tetap awet, maka harus sering dirawat ya mbak
    Caranya rutin di servis di Planet Ban ini

    BalasHapus
  14. Nah, setuju kalau begini. Terkadang ada yang taunya cuma pakai. Padahak dipakai sehari-hari, tapi gak pernah dirawat. Padahal sayang nanti jadi cepat rusak. Malah lebih mahal uang yang dikeluarkan untuk memperbaiki. Bengkenya juga pilih yang dipercaya. Planet Ban udah punya nama dan kualitas.

    BalasHapus
  15. Saya pernah ganti ban ama servis di Planet Ban. Saya liat langsung pelayanannya bagus. Motor juga makin oke habis diservism soalnya pernah saya habis servis eh motor malah mati nyala sewaktu dipakai di jalan. Kan bahaya tuh, kalau Planet Ban udah bagus pelayanannya

    BalasHapus
  16. Lumayan mural juga ya servis di Planet Ban. Sayangnya dekat rumahku blm ada Planet Ban kayaknya.

    BalasHapus
  17. Lokasinya ini nih tersebar dimana-mana ya mbak, jadinya tuh buat service motor bisa semangat dilakukan secara berkala

    BalasHapus
  18. gak cuma manusia dong ya perlu perawatan rutin, kendaraan yang kita gunakan sehari-hari juga perlu banget untuk perawatan rutin biar performanya tetap bagus dan jadi teman setia kita sehari-hari.

    BalasHapus
  19. Dengan service di Planet Ban, kita sebenernya investasi untuk masa depan agar motor selalu awet dan bisa dipakai untuk jangka waktu yang lama. Selain itu juga perawatan rutin bikin mesin lebih bandel dan gak mengeluarkan biaya service yang terlalu besar.

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung ke www.indrifairy.com
Jangan lupa tinggalkan komentar ^_^