Rayakan First Aid Day 2021, Hansaplast Bagikan Kotak Pertolongan Pertama Ke 500 Sekolah


Seminggu belakangan ini anak-anak sudah mulai sekolah tatap muka terbatas, sebagai seorang Ibu Siaga, saya langsung menyiapkan beberapa "alat tempur" untuk membekali anak-anak disekolahnya, mulai dari masker & faceshield, hand sanitizer, kotak makan siang dan botol minum hingga First Aid Kit alias kotak pertolongan pertama yang ikut saya selipkan di dalam tasnya. Lho kok ada first aid kit segala sih? 

Begini lho bun...kecelakaan dan insiden kecil yang membuat anak terluka bisa terjadi dimana saja dan kapan saja kan? kebetulan selama beraktifitas dirumah saja, saya sudah memperkenalkan pada Audrey bagaimana cara merawat luka tanpa perih dengan produk Hansaplast, jadi ia pun begitu bersemangat ketika memasukkan kotak pertolongan pertama yang berisi Hansaplast Spray, Salep Luka dan Plester Luka dengan motif Disney tersebut.

Dirumah, saya sendiri merasa lebih safe saat terjadi insiden kecil, misalnya luka tersayat pisau dan kena cipratan minyak goreng ketika memasak atau tertusuk duri saat merawat tanaman semenjak kotak pertolongan pertama standby dirumah. Memangnya seberapa penting sih kehadiran kotak pertolongan pertama ini? 

Menurut dr. Adisaputra Ramadhinara, M.Sc, CWSP, FACCWS, Certified Wound Specialist Physician "Memiliki Kotak Pertolongan Pertama yang memadai di rumah dan dilengkapi dengan peralatan perawatan luka yang tepat sangat penting terutama di masa pandemi saat ini. Pertolongan pertama dan perawatan yang tepat dapat mencegah resiko infeksi dan mempercepat proses penyembuhan luka. Dengan memiliki pengetahuan tentang cara merawat luka yang tepat dan memiliki Kotak Pertolongan Pertama yang memadai, diharapkan penanganan luka yang baik dan tepat bisa dilakukan sedini mungkin di rumah."

Dokter Adisaputra adalah salah satu narasumber yang hadir dalam acara Virtual Press Conference Hansaplast First Aid Conference 2021 yang berlangsung pada hari Sabtu 11 September 2021 lalu, acara ini digelar pada minggu kedua bulan September dimana bertepatan dengan Hari Pertolongan Pertama Sedunia.

Narasumber lain yang juga hadir dan berbagi ceritanya tentang Pentingnya Kotak Pertolongan Pertama adalah Alanna Alia Hannantyas (Brand Manager Hansaplast) dan Nirina Zubir (Mom  Influencer). Seperti apa keseruan acara ini? Yuk kita lanjutkan! 

Hansaplast World First Aid Day 

Dalam rangka memperkuat komitmennya pada perlindungan keluarga Indonesia, Hansaplast sebagai salah satu merek pertolongan pertama terkemuka produksi Beiersdorf, mempersembahkan Hansaplast First Aid Conference 2021 sebagai wadah untuk mengedukasi keluarga serta para tenaga kesehatan di Indonesia akan pentingnya mempersiapkan Kotak Pertolongan Pertama kapanpun dan di manapun, serta lebih memahami akan penggunaan peralatan tersebut sehingga dapat memberikan pertolongan pertama secara mandiri baik ke diri sendiri maupun orang lain terutama di masa pandemi saat ini.

Penyerahan donasi 500 Kotak Pertolongan Pertama

Brand Manager Hansaplast Alanna Alia Hannantyas mengatakan, "Dimulai sejak tahun 2016, Hansaplast First Aid Day kini telah memasuki tahun keenam penyelenggaraan. Hansaplast First Aid Day kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya di mana dengan adanya pandemi yang telah terjadi selama setahun lebih ini membuat kita lebih banyak beraktivitas di rumah, membuat kami berupaya untuk terus meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya persiapan dan implementasi pertolongan pertama untuk menangani luka akibat kecelakaan kecil yang terjadi di kehidupan sehari-hari serta edukasi bagaimana cara penanganan luka berdasarkan jenis-jenis nya saat terjadi situasi darurat di rumah."

Sebagai brand yang telah mendampingi keluarga Indonesia dalam merawat luka selama hampir dari 100 tahun, Hansaplast First Aid Day yang telah memasuki tahun keenam penyelenggaraan menyampaikan sebuah kabar gembira yaitu sebuah donasi berupa pemberian 500 Kotak Pertolongan Pertama kepada 500 sekolah di Indonesia. Luar biasa banget ya bun komitmen Hansaplast ini. 

Hansaplast XL dan XXL

Ditambah lagi, seluruh rangkaian plester Hansaplast kini dilengkapi dengan Bacteria Shield yang telah teruji dapat menghalang kotoran dan bakteri untuk mendapatkan perlindungan optimum dan kondisi yang ideal untuk proses penyembuhan tanpa resiko komplikasi. Bagi bunda & si kecil yang memiliki jenis kulit sensitif, Hansaplast juga mengeluarkan plester luka sensitif steril dengan non woven material sehingga enggak bikin gatal dikulit

Mba Alana juga memperkenalkan plester luka berukuran lebih besar yang diluncurkan oleh Hansaplast baru-baru ini yaitu plester luka XL dan XXL juga produk kassa steril Hansaplast 1x pakai, bunda-bunda udah pada punya belum nih dirumah? Kalau saya udah stok dong di Kotak Pertolongan Pertama. 

Pentingnya Kotak Pertolongan Pertama 

Berada dirumah saja belum tentu terhindar dari cidera, ada beberapa jenis kecelakaan kecil yang sering terjadi selama dirumah saja baik yang dialami anak-anak maupun orangtua. Beberapa insiden kecil tersebut bisa saja terjadi di dapur, ditaman atau di ruang bermain yang dapat menimbulkan luka goreng, luka sayat dan luka bakar. 

Semua jenis luka tersebut tentunya harus dirawat dengan baik dan tepat, dengan adanya kotak pertolongan pertama dirumah, tentunya akan lebih mudah untuk menangani dan mempercepat penyembuhan luka tersebut. 

Namun, masih banyak masyarakat di Indonesia yang belum memahami pentingnya memberikan penanganan pertolongan pertama yang tepat di rumah selama masa pandemi. Untuk itu, pengetahuan mengenai pertolongan pertama dalam penanganan luka secara mandiri di rumah merupakan kemampuan kritis yang wajib dimiliki keluarga Indonesia terutama di masa pandemi saat ini.

Narasumber Hansaplast Virtual Conference

Nirina Zubir seorang Aktris dan Mom Influencer mengatakan, "Dengan berbagai aktivitas yang keluarga kami lakukan dari rumah, saya tidak ingin membatasi anak-anak untuk mengeksplorasi berbagai kegiatan mereka seperti bermain dan berolahraga. Tidak jarang, berbagai kecelakaan kecil terjadi di rumah. Sebagai seorang ibu yang selalu ingin melindungi keluarga, saya tidak lagi khawatir jika anak-anak mengalami luka karena saya selalu sedia rangkaian perawatan luka dari Hansaplast di Kotak Pertolongan Pertama di rumah"

Nirina menambahkan 3 (tiga) langkah mudah pertolongan pertama yang dapat diikuti orang tua saat anak mengalami luka ringan di rumah:

  • Bersihkan: Bersihkan luka dari kotoran untuk mencegah infeksi. Gunakan. Hansaplast Spray Antiseptik yang dilengkapi Polyhexamethylene (PHMB) yang dapat mengobati luka tanpa rasa perih.
  • Lindungi: Lindungi luka dari kotoran dan bakteri untuk mencegah infeksi. Gunakan Plester Hansaplast dengan Bacteria Shield yang telah teruji secara klinis dapat melindungi luka dari kotoran dan bakteri penyebab infeksi. 
  • Sembuhkan: Setelah luka mulai mengering, rawat luka dengan Hansaplast Salep Luka untuk mencegah bekas luka
Doc : Instagram @hansaplast_id

Selain menyediakan kotak pertolongan pertama dirumah, Nirina juga menyiapkannya saat akan berolahraga sepeda, agar lebih safety jika terjadi kecelakaan atau keadaan darurat yang terjadi saat bersepeda. 

Saking pentingnya kotak pertolongan pertama ini, dokter Adisaputra juga memberikan tips penyimpanan yang baik dan benar, yaitu : 
1. Mudah ditemukan dirumah atau dimobil 
2. Periksa secara berkala tanggal kedaluarsa obat-obatan
3. Jauhkan dari jangkauan anak-anak
4. Simpan di tempat yang sejuk, hindari suhu panas
5. Pastikan kotak tetap tertutup dan terkunci

Bermanfaat sekali ya bun informasi yang kita dapatkan dari acara ini, setelah acara selesai saya langsung mengecek isi kotak pertolongan saya untuk memastikan apakah sudah lengkap isinya, jangan lupa follow akun Instagram @hansaplast_id ya buun...see you next time! 


8 komentar

  1. Nah kotak obatku pun sedia produk ini mba, praktis pake yg semprot ya. Semoga berkah deh anak anak juga makin paham ya gimana aware ke teman temannya saat bermain.

    BalasHapus
  2. Hansaplast selalu jadi senjata persediaan dirumah, selalu ready, dari spray anti bakterinya sampai segala size plesternya, apalg skrg ada yang anti air, cocok banget buat anak- anak, jadi mandi lukanya masih aman..

    BalasHapus
  3. wah bagus sekali ya program dari Hansaplast ini, karena sekolah sakah satu rawan kecelakaan kecil saat anak2 bercanda mungkin bisa kelewat batas..

    BalasHapus
  4. Hansaplast produk favoritkuuu aku selalu nyetok di p3k kemana2 apalagi kalo lagi sering jalan. Biar ga lecet lecet atau kejadian apa - apa. Hansaplast bener bener penyelamat

    BalasHapus
  5. Wah kotak pertolongan pertama emang penting, di rumah juga ada, soalnya pernah terluka kalau lagi masak hehe..

    BalasHapus
  6. Baru tahu ada hari pertolongan pertama dunia. Yang jelas sih saya selalu punya Hansaplast di rumah untuk jaga-jaga.

    BalasHapus
  7. Penting sekali menyediakan Hansaplast di rumah. Karena memang pertolongan pertama sekaligus membuat anak-anak merasa lebih baik dan nyaman setelah menggunakan Hansaplast yang gambarnya juga lucu-lucu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju banget memang lucu-lucu plester Hansaplast yang karakter

      Hapus

Terimakasih telah berkunjung ke www.indrifairy.com
Jangan lupa tinggalkan komentar ^_^