Curug Song, Nyanyian Alam Yang Indah Di Lereng Gunung Slamet

Curug Song
Doc : @curugsonginfo

Kembali pulang ke kota kelahiran selalu menjadi momen yang sangat berkesan bagi saya, apalagi sudah dua tahun saya tidak mudik dan harus melepas rindu kepada keluarga lewat video call saja.  Makanya begitu kemarin Pemerintah sudah mengijinkan untuk bepergian keluar kota, saya langsung tancap gas ke kampung halaman di kota Purwokerto, Banyumas Jawa Tengah. 

Perjalanan kali ini saya habiskan tak hanya untuk bersilaturahmi kepada handai taulan dan keluarga besar, tetapi juga untuk mengunjungi tempat-tempat wisata baru yang kini mulai menjamur di Kota Satria ini. Kalau dulu hanya ada Loka Wisata Batu Raden yang harus saya tempuh sekitar 1 jam perjalanan dari Desa tempat saya tinggal. Kini...Desa Kalisalak yang berada di Kecamatan Kebasen, Kabupaten Banyumas sudah punya objek wisata alam yang tak kalah indah. Tempat itu bernama Curug Song.

Menurut sumber yang pernah saya baca, karena letak geografis Kabupaten Banyumas yang berada di lereng Gunung Slamet, membuat curug banyak ditemukan di tempat ini. Curug Song adalah salah satu objek wisata yang masuk ke dalam bucket list saya saat mengunjungi kota kelahiran kemarin. Objek wisata alam dengan keindahan air terjun ini memang baru dibuka untuk umum dan warga sekitar sejak 2-3 tahun yang lalu. Kemudian seiring berjalannya waktu pihak pengelola terus melakukan inovasi dengan membuat beberapa pembaharuan.

Sayangnya, jalan akses menuju Curug Song masih perlu mendapat perhatian khusus dari para pengelola,  apalagi belum apa-apa kita sudah mendengar dari orang-orang kalau trek menuju ke lokasi lumayan menantang, saya pribadi awalnya juga sedikit ragu, tetapi setelah melihat sebuah foto yang dikirimkan oleh ayah saya saat beliau berkunjung lebih dulu kesana. Saya takjub dan bertekad harus mengunjungi objek wisata tersebut.

Ternyata betul apa yang dibilang oleh warga setempat, kalau jalan menuju ke Curug Song memang menantang, kendaraan roda empat juga harus bergantian saat berpapasan satu sama lain, di tambah lagi di sisi kanan dan kiri jalan masih terlihat hutan jati dengan pohon yang cukup tinggi. Wah masih asri sekali suasananya. Saya langsung membuka kaca mobil untuk menikmati udara segar pegunungan, disertai hawa yang sejuk dan aroma pepohonan yang menyengat ketika sedang melintasinya

Semakin takjub lagi saat memasuki area Curug Song, suara burung berkicau terdengar merdu di telinga, begitu juga gemericik air sungai yang mengalir dibawahnya. Gemuruh daun saling menyambut saat angin berhembus. Aah..saya menarik nafas lalu mengembuskannya, rasanya tidak sia-sia perjalanan berliku yang saya lewati tadi demi untuk mencapai dan melihat ciptaan Tuhan yang satu ini. 

Keindahan alam di Curug Song terlihat masih begitu alami meskipun sudah menjadi tempat rekreasi umum, pohon-pohon hijau menjulang tinggi menambah hijaunya area air terjun ini. Begitu juga dengan air sungai nya yang jelas-jelas mengalir bersih tanpa ada bekas sampah yang dibuang oleh para pengunjung. Fixed, anak-anak muda yang menjadi pengunjung mayoritas dilingkungan ini, rupanya sudah paham cara menjaga kelestarian alam dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Di Curug Song, para pengunjung juga bisa menikmati alam yang sejuk sambil mengeksplor wahana permainan seru seperti sepeda air dan flying fox, yang ingin camping bersama teman dan keluarga, di Curug Song juga ada fasilitas Camping Ground dan untuk yang hobi berselfie ria, objek wisata alam ini adalah tempat yang paling pas. Jangan lewatkan kesempatan untuk memberi makan kelinci, rusa dan ayam. Pokoknya semua pengunjung akan menyatu dengan alam 

Sepeda Air

 3 Fakta Hutan Indonesia Yang Bikin Bangga

Area hutan pinus dan hutan jati yang berada di daerah Curug Song tak hanya menjadi sumber udara segar bagi manusia namun juga sebuah bukti bahwa Hutan Indonesia menjadi urutan ke-3 terluas di dunia. Salah satu pulau dengan hutan paling luas adalah Kalimantan. Lalu apa saja yang membuat #IndonesiaBikiBangga kita ini? Mari simak beberapa faktanya

1. Sebutan Zamrud Khatulistiwa

Indonesia memiliki area hutan yang termasuk kedalam sepuluh besar paling luas di dunia jumlahnya sekitar 92 juta hektare, karena sebutan inilah Indonesia masuk di urutan ke delapan dan bersanding dengan negara-negara seperti Rusia, Brasil dan Amerika Serikat

2. Memiliki Keanekaragaman Hayati 

Indonesia boleh bangga karena punya hutan yang luas sehingga memiliki keanekaragaman hayati yang luar biasa. Mulai dari spesies mamalia terbanyak hingga spesies burung terbanyak keempat di dunia, wah keren banget ya negara kita. Pantas saja di area Curug Song kicauan burung bernyanyi begitu terdengar indah ditelinga

3. Ditipkan tanaman bunga langka oleh alam

Satu lagi yang membuat alam Indonesia begitu istimewa yaitu adanya tanaman bunga langka bernama Rafflesia Arnoldi yang dinobatkan sebagai bunga terbesar dan bunga bangkai yang dinobatkan sebagai bunga tertinggi karena ketinggiannya mencapai 3 meter. 

Ketiga fakta yang saya sebutkan diatas adalah sebagian kecil dari hutan-hutan yang ada di Indonesia karena masih banyak lagi fakta menarik yang bisa digali #UntukmuBumiku agar kita bisa terselamatkan dari ancaman terhadap hutan yang masih tinggi hinga sekarang. 

Hutan di sekitar Curug Song

Hutan Indonesia Masih Hadapi Berbagai Ancaman

Seperti kita ketahui bersama bahwa semakin hari, hutan yang ada di Indonesia menunjukkan kondisi yang kritis, akibat pembakaran liar, perubahan fungsi hutan menjadi lahan perkebunan, pertambangan dan pemukiman. Pengalihan fungsi hutan ini biasanya terjadi dalam skala besar dan skala kecil. Namun dalam skala yang kecil pun kegiatan pengalihan fungsi hutan dapat menyebabkan keusakan jika dilakukan secara terus menerus. Melihat kondisi ini, Pemerintah dan masyarakat harus saling bekerjasama untuk mencegah terjadinya hal-hal tersebut diatas termasuk kegiatan penebangan liar.

Bayangkan saja jika hutan mulai berkurang, apa yang akan terjadi pada bumi kita tercinta ini? karena fungsi hutan teramat vital bagi mahluk hidup, mulai dari membantu semua mahluk hidup untuk bernafas dan membersihkan udara yang kotor, hutan juga menjaga bumi agar tetap dingin, mencegah banjir dan masih banyak peran hutan yang harus kita ketahui.

Melihat betapa pentingnya fungsi hutan tersebut bagi keberlangsungan hidup manusia, sudah sewajarnya kita sangat menjaga hutan-hutan yang ada di Indonesia, karena jika tidak selain masalah pernafasan akibat kebakaran hutan dan menurunnya kadar oksigen, manusia juga akan mengalami kekeringan yang akan menimbulkan berbagai penyakit. 

Air Terjun Curug Song

Jaga Hutan Indonesia, #DengarAlamBernyanyi

Melihat apa yang terjadi di area Objek Wisata alam Curug Song, saya betul-betul salut karena masyarakat setempat dan juga pengunjung yang datang sudah menerapkan disipilin dalam hal kebersihan, mereka juga terlihat begitu menikmati susana alam, pepohonan dan indahnya air terjun tanpa merusak lingkungan di sekitarnya. Harapan saya ke depannya jika pihak pengelola ingin menambah fasilitas rekreasi di Curug Song, tetaplah mengambil keputusan tersebut dengan bijak tanpa mengganggu ekosistem yang ada. Biarkan hutan-hutan di tempat itu tetap hijau dan air sungai tetap mengalir.

Begitupun juga kita, sebagai mahluk hidup yang masih bergantung pada fungsi hutan, hendaknya bisa bersikap bijak untuk terus menjaga bumi agar anak cucu kita masih bisa menikmati udara segar dan sehat di masa depannya. Nah kalau sedang bicara tentang hutan, sejak masih sekolah SD dulu, bapak dan ibu guru kita selalu menyampaikan beberapa poin yang harus dilakukan untuk menjaga hutan Indonesia dari kepunahan, karena #HutanKitaSultan, beberapa diantaranya masih terekam jelas dalam ingatan saya, apa sajakah itu?

Cara menjaga dan melestarikan hutan :
  • Melakukan reboisasi
  • Menerapkan sistem tebang pilih
  • Menerapkan sistem tebang-tanam
  • Tidak membuang sampah sembarangan di hutan
  • Melindungi dan menjaga habitat yang ada dihutan
  • Tidak mencoret-coret pohon yang ada hutan
  • Mengurangi penggunaan kertas berlebih
  • Mencegah terjadinya kebakaran hutan
  • Mengajak masyarakat, teman, saudara untuk Dengarkan Alam bernyanyi


Alunan Indah Syair Lagu #DengarAlamBernyanyi

Salah satu aksi paling mudah untuk ikut menjaga hutan Indonesia agar tetap hijau dan lestari adalah mendengarkan lagu #DengarAlamBernyanyi, hasil karya @laleilmanino yang dinyanyikan secara merdu oleh HIVI, Sheila Dara Aisha, dan Chicco Jerikho.  Melalui lagu ini Laleilmanino ingin mengajak generasi muda untuk ikut mejaga hutan dan alam agar tetap lestari.

Lagu Dengar Alam Bernyanyi dapat kita dengarkan melalui platform musik seperti di Spotify dan  Apple Music, semakin banyak yang mendengarkan lagu tersebut maka akan semakin banyak royalti yang digunakan untuk perlindungan hutan di Indonesia. Untuk saya pribadi  setiap syairnya mengandung makna berarti, coba dengarkan dan resapi dan bergabung dalam #TeamUpforImpact untuk masa depan hutan Indonesia yang lebih baik. 


Dengar alam bernyanyi
Dengarkanlah
Bisik mesra
Alam bernyanyi
Bawa canda dan riang tawa
Untuk dunia, oh
Gunakan telinga, hati
Cobalah dengar nyanyian kami, oh-oh-ho

Bayangkanlah hidupmu
Bila tak ada kami
Pandanglah indahnya biru yang menjingga
Simpanlah gawaimu, hirup dunia (dunia)
Sambutlah mesranya bisik angin yang bernada (dengarlah alammu bernada)
Dengar alam bernyanyi

Indahnya biru yang menjingga
Simpanlah gawaimu, hirup dunia (dunia)
Sambutlah mesranya bisik angin yang bernada (alam pun bernada)
(Alam pun bernada)
Dengar alam bernyanyi (jangan tunggu lagi, Kawan)
Jangan kau tunggu nanti (jangan tunggu lagi)
Dengar alam bernyanyi
Dengarkanlah
Dengar alam bernyanyi (dengar alam bernyanyi)
Oh, dengar kami bernyanyi


15 komentar

  1. Baru tahu soal curug song. Kenapa namanya begitu, ya? Apa benar2 artinya memang lagu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ini kalau sejarahnya aku kurang paham sih mba

      Hapus
  2. Udah lama ga jalan jalan ke purwokerto lagi, terakhir ke batu raden, lain hari kalau kesempatan kesana pengen juga ke curug song indah banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. wajib mampir kak kalau ke Purwokerto, banyak tempat wisata alam baru

      Hapus
    2. Batu raden memang objek wisata paling lama di Purwokerto

      Hapus
  3. Alam kita ini indah ya, salah satunya di Curug. Jadi memang harus menjaga kelestariannya, karena jadi aset ekonomi dan juga banyak manfaat buat kehidupan

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena manfaat Curug selain menjadi pasokan air juga mencegah terjadinya banjir

      Hapus
  4. Pengen banget sih jalan-jalan ke Curug ini, healing sebentar dari kesibukan duniawi ini hehehee.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau pas ke Purwokerto, monggo mampir mba

      Hapus
  5. Namanya curugnya bahasa Inggris ya, Song artinya lagu. Seakan-akan Curug ini punya "lagu" yang bisa didengar dari derasnya air yang turun dan cipratan airnya.

    BalasHapus
  6. Kalau curug song baru dibuka utk umum 2-3 thn
    berarti waktu Aku ke Slamet memang belum dibuka, pantesan agak kurang familiar.
    Tapi keindahan alam tuh memang menenangkanapalagi hutan yg ounya peran besar bagi keaneka ragaman hayati di bumi

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul neng tempat ini memang baru dibuka belum lama

      Hapus
  7. Namanya unik yaa, Curug Song.
    Dan di sini sudah dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat sehingga bisa menjadi tempat wisata bagi pengunjung dan menikmati keindahan alam.

    BalasHapus
  8. jadi penasaran buat ke curug song ini, bisa masuk list untuk akhir pekan bersama keluarga

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung ke www.indrifairy.com
Jangan lupa tinggalkan komentar ^_^