Pentingnya Penerapan Mindfulness di Sebuah Perusahaan

Saat mengikuti Touring

Ditengah krisis ekonomi yang melanda banyak perusahaan pasca pandemi Covid-19, saya merasa begitu bersyukur karena perusahaan tempat suami saya bekerja masih tegar dan berdiri hingga sekarang, bahkan beberapa waktu yang lalu, perusahaan tersebut mengajak para karyawannya untuk refreshing sejenak di sebuah acara bertajuk "Employe Gathering" dengan berbagai keseruan yang tercipta.

Momen healing karyawan masih terus berlanjut ketika dua minggu yang lalu saya diajak suami ikutan Touring mobil bareng teman sekantornya dengan  perjalanan 2 hari 1 malam yang begitu berkesan karena apapun yang kami hadapi di jalan, bisa kami taklukan karena kebersamaan dan mindfulness para peserta Touring.

Selama diperjalanan, saya semakin paham kenapa para karyawan di Perusahaan ini begitu solid, karena di setiap event yang mereka buat, isinya bukan hanya kumpul-kumpul dan jalan-jalan saja tetapi lebih kepada membangun rasa kerjasama, mengelola rasa emosi dan rasa peduli pada sesama. Hal tersebut mereka buktikan ketika salah satu mobil milik peserta mengalami pecah ban di sebuah ruas jalan tol menjelang malam, permasalahan itu bisa diselesaikan dengan segera karena semua peserta turut membantu proses penggantian ban yang pecah tersebut, tidak ada yang meninggalkan dan ditinggalkan. Semuanya kompak berjalan beriringan.

Perusahaan tempat suami bekerja juga memberikan dukungan kepada beberapa karyawan yang menjadi korban bencana alam gempa bumi Cianjur pada tanggal 21 November 2022 lalu dengan cara memberikan bantuan berupa materi, logistik juga pakaian layak pakai sebagai bentuk rasa empati dan kepedulian dari perusahaan untuk karyawannya juga dari setiap karyawan untuk teman-teman yang terdampak.

Setelah melihat langsung setiap action yang ditunjukkan oleh perusahaan pak suami dan teman-temannya saya berkesimpulan bahwa betapa pentingnya penerapan mindfulness di sebuah perusahaan, selain membawa banyak manfaat, dikutip dari riliv.co ada empat keuntungan yang di dapatkan oleh perusahaan jika menerapkan mindfullness di tempat kerja, yaitu :

  1. Kesejahteraan karyawan membaik, saat ini sudah banyak perusahaan yang mulai investasi kesehatan mental di area kerja dikarenakan kerugian yang akan dihadapi apabila lingkungan pekerjaan tidak mendukung
  2. Mempererat hubungan yang sehat antar karyawan, ada banyak penelitian yang telah menunjukkan dampak yang baik antara mindfulness dan peningkatan hubungan kerja seperti adanya hubungan kerja yang positif akan menghasilkan tim yang lebih produktif
  3. Meningkatkan  kreativitas seseorang untuk inovasi perusahaan, mindfulness di tempat kerja dapat membantu dalam berpikir kreatif serta munculnya ide-ide baru
  4. Meningkatkan kecerdasan emosional karyawan, mindfulness yang diterapkan ini dapat membuat karyawan lebih terampil dalam menyelesaikan setiap permasalahan yang ada 

Berdasarkan sebuah survey, penerapan mindfulness ternyata telah diterapkan oleh beberapa perusahaan terkemuka di Indonesia, oleh karena itulah para perusahaan yang sukses tersebut patut terpilih sebagai Mindful Company Brand 2022 dan mendapatkan penghargaan di acara ALIVE Fest, salah satu perusahaan yang beruntung adalah JNE, yang selama 32 tahun terus menghantarkan kebahagiaan dan menerapkan mindfulness di perusahaanya tersebut. Seperti apa sih euforia di ALIVE Fest kemarin?

JNE sebagai Mindful Company Award


JNE Menerima Penghargaan Mindful Company Award 2022

Hari Jumat tanggal 2 Desember 2022, The Golden Space Indonesia menggelar acara bertajuk ALIVE Fest yaitu Festival Kesehatan dan Meditasi terbesar di Indonesia. Memasuki tahun kelimanya, ALIVE Fest 2022 yang digelar pada 2-4 Desember 2022 mengambil tema "Namastay in the City." ALIVE Fest tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, karena adanya Mindful Company Award 2022 untuk pertama kalinya di Indonesia. Berkolaborasi dengan MarkPlus, Inc., penghargaan ini digelar untuk mengapresiasi dan menginspirasi perusahaan-perusahaan di Indonesia dan dunia yang peduli terhadap kesehatan mental talentanya.

Dilansir dari beberapa sumber yang saya baca, di pembukaan ajang ALIVE Fest kemarin, Stephanie Hermawan, Co-Founder The Golden Space Indonesia mengungkap bahwa masalah bisnis dan profesional tidak bisa dilepaskan dari masalah personal. Inilah mengapa tahun ini perusahaan mengadakan penghargaan Mindful Company Award. "Penghargaan ini tidak hanya diadakan untuk menginspirasi perusahaan agar menjadi mindful company. Melalui Mindful Company Award, kami ingin mendorong perusahaan untuk tidak hanya mengejar profit, namun juga peduli terhadap purpose, people, dan planet".

Salah satu perusahaan yang berhasil menjadi bagian dari Mindful Company Brand 2022 adalah JNE, Bpk. Yance Arvan selaku Project Brand Specialist hadir mewakili JNE untuk menerima award dalam acara ALIVE Fest 2022 yang diselenggarakan di Multifunction Hall Plaza Indonesia, Jakarta. JNE masuk dalam kategori Transportation & Logistic Sector karena tak dipungkiri lagi jika dalam perjalanannya selama 32 tahun JNE selalu mewujudkan dan menghantarkan kebahagiaan bagi masyarakat dan juga karyawannya, melalui berbagai kegiatan dan aktivitas sebagai  bentuk dukungannya, beberapa diantaranya adalah : 

  • Menyelenggarakan acara ibadah dan perayaan menyambut Natal Persekutuan dan santunan untuk adik-adik panti asuhan
  • Mendukung UMKM dengan pelatihan dan GOLL ABORASI
  • JNE sebagai perusahaan logistik nasional mendukung upaya-upaya berkelanjutan
  • JNE turut membantu korban bencana alam, melalui pemerintah dan mendistribusikan langsung ke lokasi terpencil 
  • Memberangkatkan Umroh karyawannya dan memberikan beasiswa kepada siswa yang kurang mampu 
Selain kelima kegiatan tersebut, masih banyak hal lainnya yang telah dilakukan oleh JNE bagi karyawan dan customer agar tetap menjaga kesehatan mental dan fisiknya. Teman-teman bisa melihat langsung berita seputar JNE di https://jnewsonline.com/ serta follow Instagram @jne_id untuk informasi penting dan giveaway dengan berbagai  hadiah menarik. Sekali lagi...Selamat ya buat JNE semoga terus menginspirasi dan menjadi contoh bagi perusahaan lainnya untuk menjadi mindfull company.




#JNE #ConnectingHappiness #JNE32Tahun #JNEBangkitBersama ##MindfulCompany #Alive2022

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung ke www.indrifairy.com
Jangan lupa tinggalkan komentar ^_^