Morinaga MORIGRO, Solusi Anak Makan Lahap GROMAXimal

Dear Moms...

Menjadi seorang ibu dengan 3 orang anak yang berbeda pola makannya, sempat membuat saya bingung, ketika anak pertama saya mulai di tahapan MPASI, semua makanan yang saya buat dilahapnya hingga tuntas sehingga berat badannya sesuai dengan grafik tumbuh kembang di buku KIA, lalu anak kedua lahir dengan berat badan yang cukup besar, namun seiring berjalannya waktu, anak kedua ini justru menjadi seorang picky eater. Hingga kini meskipun sudah di usia sekolah, postur tubuhnya memang terlihat mungil dan hanya tumbuh keatas. 

Berbeda lagi dengan si bungsu yang kini usianya sudah ke-3 tahun, masih ada beberapa makanan yang harus dilumatkan dulu karena belum mau mengunyah dengan benar. Berbagai problem anak susah makan yang saya alami tersebut, sesungguhnya sangat mengkhawatirkan, karena peran orang tua sangat penting untuk membuat anak lahap makan dan berupaya mendukung tumbuh kembang optimalnya dengan mencukupi kebutuhan nutrisi dan memberikan stimulasi yang tepat sesuai kebutuhan si kecil dimulai dari 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) Namun, ada kalanya anak justru menunjukkan masalah makan (feeding difficulties). 

Dalam beberapa kasus, anak dengan feeding difficulties akan mengalami pertumbuhan lambat atau gagal, karena defisiensi nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan yang optimal dan normal sesuai usianya. Anak yang mengalami feeding difficulties dapat terpengaruh juga perkembangan kognitifnya sehingga kesulitan dalam berkonsentrasi, daya ingat lemah, dan kemampuan kognitif lainnya

Dari beberapa sumber yang saya baca, masalah makan (feeding difficulties) pada anak harus diprioritaskan dan diperbaiki melalui beberapa langkah seperti berikut ini :

  1. Memprioritaskan aspek tumbuh kembangnya
  2. Membuat jadwal makan bersama secara teratur
  3. Menyajikannya dengan berbagai menu masakan
  4. Menstimulasi perilaku makan positif
  5. Mendorong anak mencoba makanan baru, tanpa memaksanya terlalu keras, tetap tenang 
  6. Hindari menyalahkan atau mengkritik anak karena kesulitan makan.
  7. Memberikan susu penambah nafsu makan anak

Seperti kita ketahui bersama, manfaat susu bagi pertumbuhan anak selain membantu tumbuh kembangnya kini juga dapat menjadi solusi untuk mengatasi masalah anak susah makan, salah satu produk susu sertumbuhan anak 1 tahun yang baru saja diluncurkan oleh PT Sanghiang Perkasa (KALBE Nutritionals)  yaitu susu Morinaga MORIGRO, tak hanya mengandung banyak nutrisi penting untuk tumbuh kembang si kecil. Namun MORIGRO hadir juga sebagai susu penambah berat badan anak usia 1 tahun hingga usia 12 tahun. Tentunya kabar baik ini begitu ditunggu-tunggu oleh para orangtua yang masih mencari solusi pada kasus feeding difficulties, oleh karena itu yuk sama-sama mengenal lebih jauh produk yang satu ini lewat acara peluncuranya beberapa waktu yang lalu. 

Launching Morinaga MORIGRO

Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional tahun ini yang mengangkat tema "Anak Terlindungi. Indonesia Maju", Morinaga meluncurkan varian baru, yaitu Morinaga MORIGRO yang bertujuan membantu melindungi dan mengoptimalkan nutrisi anak, sehingga tumbuh kembangnya tidak terganggu karena susah makan. Acara peluncuran tersebut digelar di Habitate Jakarta pada hari Selasa tanggal 18 Juli 2023. Acara terbagi dalam 2 (dua) sesi yaitu : 

  • Talkshow Kesehatan

Di sesi pertama acara, MORIGRO menghadirkan para ahli dibidang kesehatan dan juga Psikolog yang akan mengupas tuntas sebuah tema bertajuk "Kenali Sebab & Dampak Anak Susah Makan", ketiga narasumber tersebut adalah : 

  1. Prof. dr. Badriul Hegar, Sp.A(K), Ph.D, Pakar Gastrohepatologi
  2. Vera Itabiliana. S.Psi. M.Psi Lembaga Psikologi Terapan UI
  3. dr. Bernie Endyarni Medise, Sp.A (K), MPH, Dokter Tumbuh Kembang Anak RSCM

Paparan pertama dibuka oleh Prof. dr. Badriul Hegar, Sp.A(K), Ph.D, Pakar Gastrohepatologi yang menjelaskan berbagai permasalahan makan pada anak dengan lebih dalam mulai dari penyebab terjadinya hingga apa saja yang harus dilakukan oleh orangtua untuk menghadapinya karena masalah makan pada anak perlu menjadi perhatian agar tidak  berdampak pada terganggunya pertumbuhan. 

Prof Hegar menambahkan bahwa beberapa kelainan organik yang menyebabkan masalah makan pada anak dan patut diketahui oleh para orangtua adalah sebagai berikut :
  1. Gangguan saluran cerna penyakit refluks gastroesofagus (PRGE), kolik infantil, infeksi saluran cerna. 
  2. Alergi makanan terutama terhadap protein susu sapi, atau bahan. makanan lainnya seperti gluten pada penyakit seliak. 
  3. Gangguan perkembangan motorik dan sensorik juga memengaruhi kemauan makan, kesulitan mengunyah dan menelan makanan. 
Lalu apa saja kah yang harus dilakukan oleh para orangtua untuk menyikapinya? Ini dia sedikit pesan singkat namun bermaksa dari seorang Pakar Gastrohepatologi, simak yuk Moms, "Sebaiknya secara berkala kita mengevaluasi kemungkinan adanya kelainan organik pada anak yang belum memberikan respon terhadap tata laksana yang diberikan, minimal setiap 3 bulan. Tidak jarang kelainan organ yang tidak tertata laksana dengan maksimal, menyebabkan gangguan mind set anak yang meninggalkan trauma terhadap makanan, sehingga meski kelainan organik telah teratasi, anak tetap mengalami masalah makan, menolak makanan yang diberikan," 

Mendengar paparan Prof Hegar yang luar biasa dari segi kesehatan saluran cerna, di paparan berikutnya kita akan mendapatkan ilmu yang tak kalah luar biasa seputar tumbuh kembang anak dari dr. Bernie Endyarni Medise, Sp.A (K), MPH, Dokter Tumbuh Kembang Anak RSCM. Di paparan kedua ini kita bakal mengetahui bahwa dampak anak susah makan juga bisa digali dari perspektif tumbuh kembang. 

dr. Bernie Endyarni Medise, Sp.A (K), MPH mengungkapkan bahwa anak yang susah makan berisiko mengalami malnutrisi yang berdampak pada tumbuh kembangnya termasuk melemahnya sistem imunitas. Akibatnya anak mudah terinfeksi dan memperburuk malnutrisi, Malnutrisi juga dapat menyebabkan pertumbuhan otak tidak optimal sehingga daya pikir pada anak lebih lambat. Agar terhindar dari risiko malnutrisi, beberapa hal harus diperhatikan orang tua terkait pola makan anak. Berikut paparan dr.Bernie 

"Anak dapat mengalami malnutrisi yang ringan hingga feeding difficulties yang sangat ekstrem dan menyebabkan defisiensi gizi yang signifikan. Defisiensi gizi akan memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak, pertumbuhan fisik, fungsi kognitif otak, motorik, fungsi fisiologis dan perubahan respon imun. Hal yang paling penting dilakukan orang tua dalam situasi ini adalah segera berkonsultasi dengan dokter, jadi bisa ditentukan prioritas penanganan dan tata laksananya," jelas dr. Bernie

Dari sesi Psikologi, Vera Itabiliana S. Psi, Psikolog Anak di Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia, ikut angkat bicara .Menurut Mba Vera beberapa faktor psikologis bisa mengubah nafsu makan anak. Beberapa diantaranya adalah 
  1. Praktik orang tua dalam memberi makan
  2. Orang tua yang juga memiliki feeding difficulties
  3. Sering menggunakan makanan sebagai hadiah atau hukuman dapat berkontribusi pada kebiasaan pilih-pilih makanan (picky eaters). 
  4. Pemberian variasi menu makanan yang terbatas juga menyebabkan anak memiliki masalah feeding difficulties.

Vera Itabiliana menambahkan "Jika anak memiliki pengalaman negatif dengan makanan tertentu, mereka mungkin tidak menyukai makanan itu dan ragu mencobanya lagi. Faktor emosional lain, seperti stress, perubahan rutinitas, atau kecemasan juga bisa mempengaruhi nafsu makan dan keinginan anak mencoba makanan baru, yang berujung memicu anak susah makan. Makanan bervariasi dengan ragam rasa dan tekstur penting diajarkan sejak dini untuk mengembangkan penerimaan makanan. Lingkungan makanan di rumah termasuk ketersediaan makanan yang berbeda dan kebiasaan makan anggota keluarga, dapat mempengaruhi pilihan dan preferensi makanan anak," ungkap Vera Itabiliana.

Dari ketiga paparan narasumber tersebut kita dapat menyimpulkan bahwa feeding difficulties memberikan dampak yang sangat besar bagi tumbuh kembang anak, jadi selain melaksanakan tips dan ilmu yang diberikan para ahli diatas, ada satu solusi lagi nih buat para Moms yang anaknya memiliki problema susah makan yaitu dengan memberikan Susu Morinaga MORIGRO yang dapat memenuhi asupan nutrisi harian untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Nah buat para Moms yang belum mengenal lebih dekat susu MORIGRO ini, di sesi kedua akan ada sesi product knowledge seputar solusi anak makan lahap bersama perwakilan dari MORIGRO. Kita simak yuk penjelasannya...

  • Product Knowledge MORIGRO
PT Sanghiang Perkasa (KALBE Nutritionals) melalui brand yang peduli pada kesehatan dan tumbuh kembang anak Morinaga memahami permasalahan yang dihadapi orang tua saat harus memberikan makanan bergizi pada anak meluncurkan varian baru Morinaga yaitu susu pertumbuhan anak 1 tahun MORIGRO yang bertujuan membantu melindungi dan mengoptimalkan nutrisi anak, sehingga tumbuh kembangnya tidak terganggu karena susah makan. Hadir dalam acara launching MORIGRO "Penyebab dan Dampak Masalah Makan Terhadap Tumbuh Kembang Optimal, 2 (dua) orang narasumber yang merupakan perwakilan dari Morinaga sekaligus menjadi tuan rumah acara pada siang hari itu. Mereka adalah :

  1. Dr. Muliaman Mansyur - Head of Medical Marketing KALBE Nutritionals
  2. Junita - Business Unit GUM Head KALBE Nutritionals

Studi global menunjukkan bahwa anak yang mengalami gangguan nafsu makan berkisar antara 14% hingga 50% pada anak prasekolah, dan dari 7% hingga 27% pada anak yang 4 besar. Sementara di Indonesia sendiri, Sementara di Indonesia, hasil studi IPSOS kepada Ibu yang memiliki anak usia 1-6 tahun, Jabodetabek dan Medan menunjukkan bahwa 55% orang tua di Indonesia menyatakan anaknya memiliki masalah nafsu makan. Berdasarkan hasil studi tersebut akhirnya mendorong Morinaga meluncurkan MORIGRO untuk memenuhi kebutuhan utama anak di masa pertumbuhan, sambil berupaya mengatasi penyebab perilaku picky eating tersebut. 

Junita, Business Unit Head Morinaga GUM, KALBE Nutritionals mengakui bahwa masalah makan pada anak bisa jadi gejala dari masalah kesehatan lain yang lebih besar atau bahkan masalah psikologis pada anak. "Untuk membantu orang tua mengoptimalkan tumbuh kembang anak, Morinaga Morigro hadir dengan berbagai kelebihan yang bisa menjadi solusi anak yang memiliki masalah makan. Jika anak susah makan upaya pertama yang harus dilakukan adalah mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat dan memulai pola makan yang sehat. Untuk itu Morinaga Morigro hadir untuk meningkatkan fungsi pencernaan dan penyerapan nutrisi. Jika pencernaan bekerja dengan baik akan berdampak meningkatan nafsu makan," tutur Junita

"Morinaga MORIGRO, terbuat dari bahan pilihan, dirancang untuk mengatasi salah satu tantangan utama yang sering dialami orang tua yang berjuang mendorong nafsu makan anak yang sehat dan menghadapi kesulitan memenuhi nutrisi saat anak berada di fase susah makan di Indonesia. Dengan keunggulannya, Morinaga Morigro memberikan solusi untuk bantu orang tua mengatasi masalah anak susah makan," jelas Junita.

Hadir juga dr. Mullaman Mansyur, Head of Medical KALBE Nutritionals menyatakan masalah makan (feeding difficulties) sendiri memiliki bentuk, jenis, dan gejala yang bermacam-macam. "Misalnya ada anak seperti anak tidak/kurang nafsu makan, anak yang pilih-pilih jenis makan, dan anak yang maunya jenis makanan tertentu (picky eaters). anak yang tidak mau makan sama sekali atau makannya sedikit, anak yang tidak bisa menelan makanan karena berbagai sebab".

dr. Mullaman pun menambahkan, penyebab masalah makan sendiri disebutkan memang paling banyak karena faktor psikologis, pola asuh, ataupun karena makanan itu sendiri. Hal ini tidak bisa diabaikan begitu saja tetapi harus diperhatikan red flags karena gangguan organik. Nah beberapa faktor Red Flags yang harus kita ketahui adalah sebagai berikut :

  1. Faktor anak sakit, demam, gusi bengkak, sakit menelan, mual muntah
  2. Gangguan saluran cema serta penyakit lain
  3. Gangguan motorik dan sensorik di area mulut sampai ke pencemaan. 

Permasalahan makan ini tentu saja harus diatasi dengan mengobati masalah organisnya, psikologis, dan nutrisinya agar tumbuh kembang anak bisa optimal yaitu dengan memberikan susu pertumbuhan MORIGRO agar anak tumbuh maksimal. 

Review Morinaga MORIGRO 

Salah satu tantangan bagi seorang ibu adalah ketika si kecil berada di fase susah makan atau pilih-pilih makanan, jujurly rasa khawatir pasti ada dong Mom, khawatir jika asupan nutrisinya tidak terpenuhi padahal sedang di masa tumbuh kembang Tapi...Mom tak perlu panik dan bingung karena kini Morinaga MORIGRO hadir memberikan solusi untuk bantu orang tua mengatasi masalah anak susah makan. 

  • Kandungan & Manfaat susu Morinaga MORIGRO

  1. Dengan formula GROMAX
  2. Probiotik 88536 dan serat FOS dan tinggi kalsium
  3. Morinaga Morigro membantu mengoptimalkan nutrisi, sehingga anak akan makan lahap dan tumbuh maksimal. 
  4. Kandungan minyak ikan pada formula GROMAX dapat membantu anak bisa mencapai berat dan tinggi badan ideal, serta berfungsi sebagai booster nafsu makan. 
  5. Probiotik BB536 dan Prebiotik serat FOS untuk menjaga imunitasnya, serta tinggi vitamin A. C, E dan Zinc. 
  6. Kandungan tinggi kalsium, Vitamin D, 14 vitamin dan 9 mineral serta lebih rendah gula untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak

  • Varian dan Kemasan susu Morinaga MORIGRO 

MORIGRO hadir dalam 2 (dua) varian rasa yaitu MORIGRO Vanilla dan MORIGRO Madu, untuk kemasan box tersedia ukuran 200gram dan 400gram, dan kemasan kaleng ukuran 800gram


  • Anak Dengan Gejala Seperti Apa Yang Harus Minum susu MORIGRO?
  1. Tidak/Kurang Nafsu Makan Karena Berbagai Sebab
  2. Tidak Mau Makan Sama Sekali (Sakit, Demam, Sariawan, Sakit Tenggokan dll.)
  3. Makannya Sedikit
  4. Makan Itu2 atau Pilih2 Jenis Makan
  5. Tidak Suka Nasi dan Sayur
  6. Makan Diemut2 dan Kadang Dilepehin
  7. Belum Bisa Makan Keras & Maunya Lunak atau Cair
  8. Berat Badannya Tidak Naik2/Anak Kurus
  9. Anak Aktif
  10. Mengoptimalkan Tumbuh Kembang anak > 1 tahun
  • Anak Dengan Usia Berapa Yang Bisa Mengkonsumsi Susu MORIGRO?
Susu Morinaga MORIGRO bisa diminum oleh anak-anak dengan usia 1 tahun hingga 12 tahun

Testimoni Konsumsi MORIGRO

Dari segi rasa menurut si kecil dan saya, rasa susu Morinaga MORIGRO ini memang lebih enak dan creamy tidak seperti susu putih kebanyakan yang menimbulkan rasa eneg, susu MORIGRO juga mudah disajikan karena ada tata cara penyajian di bagian kemasannya. Nah jika berbicara soal kandungannya, saya paling suka dengan kandungan minyak ikannya, minyak ikan adalah sumber yang kaya akan asam lemak omega-3, terutama asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA). Manfaatnya meningkatkan kesehatan pencernaan. Oiya susu Penambah nafsu makan anak ini juga mudah ditemukan, sudah ada di Supermarket, Minimarket, e-commerce dan layanan KALBE Nutritionals.

Layanan terbaik untuk semua pelanggan, dan memudahkan telah menjadi aspirasi dan motivasi KALBE Nutritionals. Hal itu yang mendasari KALBE Nutritionals untuk terus memperluas layanan, dan menghadirkan kemudahan dan kepraktisan bagi pelanggan melalui strategi layanan konsumen terpadu, termasuk dengan menghadirkan layanan konsumen KALBE Customer Care 0800-140-2000 (bebas pulsa). layanan pesan antar KALBE Home Delivery 1500880. layanan pesan online KALcare (www.kalcare.com), hingga eksistensi KALBE Nutritionals di ranah digital melalui kanal-kanal jejaring sosial, yang bertujuan untuk semakin mendekatkan diri, dan memudahkan para pelanggan untuk menjangkau KALBE Nutritionals. Jangan lupa kunjungi akun media sosial Instagram @morigro.id  untuk informasi dan tips #AnakLahapGROMAXimal


13 komentar

  1. Solusi banget ya untuk anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, supaya tumbuh sehat dan kuat. Thanks sharingnya

    BalasHapus
  2. Wah.. Solusi banget nih bila anak susah makan.. Jadi kita sbg ortu gak khawatir lagi ya Khan ada tambahan susu ini... Yg sudah terbukti kualitas dan pasti disukai oleh anak

    BalasHapus
  3. Memang deh setiap anak yang bahkan dilahirkan oleh ibu yang sama itu sepanjang proses tumbuh kembangnya nggak akan bisa saling copy paste ya Mba. Kebayang sih setiap anak pada akhirnya memberi pengalaman yang berbeda buat ibunya. Apalagi masalah makan yang dikaitkan dengan berat badan sesuai KIA ini yang gampang banget bikin ibu stres panik binti sakit kepala. Senangnya ada formula baik yang dihadirkan lewat susu Morinaga Morigro yang bisa jadi ikhtiar buat si kecil tersayang ya Mba.

    BalasHapus
  4. morigro ini rasanya cukup enak menurutku, gak terlalu manis jadi pas buat aku yang memang mengatur kadar gula buat anak, plus kandungannya juga bikin anak jadi lahap makan

    BalasHapus
  5. anak saya kayaknya bukan susah makan tapi pilih-pilih banget makan dan susah makan nasi. huhu. tapi memang salah saya juga sih sering ngasih dia snack makanya kenyang duluan

    BalasHapus
  6. Sekrang para ibu gk perlu cemas lagi y kalau anaknya mengalami susah makan karena sudah ada solusi yang tepat supaya asupan nutrisi anak terpenuhi ya dengan minum susu Morigro aja

    BalasHapus
  7. Susunya gak terlalu manis tapi anakku tetep doyan nih. Emang susah ya kalo anak susah makan. Ortu pusing mikirinnya. Coba dibantu dengan Morigro deh supaya lahap makannya.

    BalasHapus
  8. Paket komplit ya ini dari susu pun bisa menjunjung di tiap tumbuh kembang anak pembicara event nya pun keren smua seru pasti nya ya nambah ilmu

    BalasHapus
  9. Kandungan dari Morinaga Morigro seperti Minyak Ikan yang Tinggi Kalsium dan Vitamin D, 14 Vitamin lainnya membuat anak tetap bisa tumbuh sehat untuk penuhi kebutuhan nutrisi tumbuh kembangnya.

    BalasHapus
  10. Kebayang deh ini jadi kak Indri yang memiliki 3 buah hati dengan pola makan yang berbeda. Alhamdulillah sekarang sudah ada Morinaga Morigro ya kak, jadi bisa dibantu dengan memberikan susu tambahan agar lahap makannya.

    BalasHapus
  11. masalah makan pada anak ini emang PR banget ya Mbak, ada-ada aja kebiasaan anak-anak yang bikin geleng-geleng kepala.
    Ehya tapi faktor keturunan atau orang tua juga ternyata mempengaruhi ya feeding difficulties ini ya.
    pengen cobain Morinaga Morigro deh ke anak keduaku, BBnya malah kadang sama atau selisih dikit aja ama adeknya padahal beda hampir 18 bulan, habisnya makannya suka dikit sih kecuali makanan yang dia suka.

    BalasHapus
  12. Puyeng pala barbie kalo anak GTM hehe mau di fase usia berpapun yang namanya GTM ga kenal itu semua huhu.
    Kehadiran Morigro ini bisa ngebantu para buibuk utk cegah sampai atasi GTM yaak plus nambah BB hehe

    BalasHapus
  13. Lagi coba-coba morigro ke si kecil dan cari reviewnya. Semoga cocok dan bisa doyan makan... Karena sudah hampir satu bulan tidak mau menyentuh makanan selain susu, hiks...

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung ke www.indrifairy.com
Jangan lupa tinggalkan komentar ^_^