KAI Commuter FUN Journey 2023, Seru dan Berkesan

Moda transportasi di Jakarta kini semakin lengkap dan terpadu, sehingga mempermudah aktifitas masyarakat sehari-hari. Suasana yang ada di sekitaran stasiun dan haltepun sekarang lebih nyaman dan bersih, oleh karena itu saya mulai rutin mengajak anak-anak untuk jalan-jalan ke kota Jakarta untuk sekedar mencoba berbagai moda transportasi yang ada.

Sejak anak-anak masih kecil, saya dan Papa nya sudah sering mengajak mereka jalan-jalan ke Jakarta untuk mencoba beragam transportasi umum yang ada, mulai dari mobil angkot (Mikrolet), Shuttle Bus, Bajaj, Bus TransJakarta, Bus Tingkat hingga MRT. Biasanya kami pergi di hari Minggu saat angkutan sepi penumpang agar lebih leluasa menjajalnya. Namun masih ada satu transportasi umum yang belum pernah kami coba yaitu Kereta Api Listrik (KRL) yang setiap sebulan sekali kami lihat saat berkunjung kerumah Bude di daerah Jatinegara.

Kereta berwarna silver tersebut sejujurnya begitu menarik perhatian kami karena rangkaian gerbongnya panjang dan ia berjalan dengan sangat cepat. Tetapi saya dan suami belum menguasai rute-rute baru KRL yang sekarang, selain itu saya juga khawatir jika anak-anak akan merasa tak nyaman dengan suasana KRL yang disesaki penumpang. Oleh karena itu, seperti sebuah mimpi yang jadi kenyataan ketika kami terpilih sebagai salah satu peserta event "KAI Commuter FUN Journey 2023" yang mendapat kesempatan untuk mencoba naik Kereta Api Listrik. Yeaay asyik...

Keseruan Acara KAI Commuter FUN Journey 2023

Hari Sabtu tanggal 2 September kami sudah tiba di halte LRT Harjamukti sejak jam 06.00 pagi tetapi kereta LRT nya baru tiba sekitar jam 07.00 pagi, karena takut ketinggalan rombongan, kami berlari-lari dari Halte LRT Cikoko menuju ke Stasiun KAI Cawang, untuk yang baru pertama kali naik KRL kami berdua sempat bingung akan naik kereta yang mana, untungnya baik petugas Security hingga petugas di Gate masuk mengarahkan kami dengan sangat baik, sehingga kami bisa naik kereta yang tepat yaitu jurusan Bogor-Stasiun Jakarta Kota. Alhamdulillah kereta tidak begitu penuh dan kami bisa duduk manis, saat tiba di Stasiun Jakarta Kota tepat di jam 08.00 pagi. Wah cepat banget sampainya, enggak merasakan macet sama sekali. Pantesan orang-orang memilih naik KRL selain tarifnya terjangkau, KAI Commuter Line memang jadi #PilihanCerdas karena bisa menghemat waktu.

Tiba di Stasiun Jakarta Kota kami menuju tempat berkumpul di Peron 1, sudah banyak sekali teman-temanku yang datang bersama ibunya dengan menggunakan seragam berwarna merah, kemudian acara dibuka oleh yang memberi penjelasan seputar Commuter Line, mulai dari peraturan apa saja yang harus diperhatikan saat berada di Stasiun Kereta hingga cara #amanberkereta dengan memanfaatkan seluruh fasilitas yang di area stasiun yang sekarang sudah banyak perubahannya dibanding sebelumnya.

Setelah sesi ramah tamah anak-anak diajak untuk mengikuti berbagai kegiatan seru lainnya seperti

1. Challenge Pencarian Kotak,

Sesi pertama ini seru banget, kami harus mencari kotak dimana disetiap kotaknya berisi beberapa petunjuk untuk melaksanakan challenge yang diberikan seperti membuang sampah pada tempatnya, melakukan Tap in dan Tap Out di Gate Masuk dan Gate Keluar. Di sesi pertama ini, aku juga berkesempatan untuk mengenal profesi yang ada di stasiun seperti Passanger Service

2. Mencoba naik Commuter Line

Sesi kedua ini adalah sesi yang ditunggu-tunggu karena sudah terbayang bisa naik kereta bersama teman-teman hingga Stasiun Manggarai yang ternyata kini sudah sangat bagus, berbeda sekali dengan tampilannya yang dulu kumuh, kini justru sangat berkelas. Nah kalau bicara tentang kereta Commuter Line, sepertinya kami bakalan ketagihan untuk naik kereta karena suasana di dalam kereta cukup nyaman dan bersih, petugas patroli juga terus berjaga dan ada gerbong khusus untuk perempuan di bagian depan dan belakang, jadi teman-teman tidak perlu khawatir lagi saat ingin naik Commuter Line.

3. Mencoba Naik Kereta Bandara

Kami dan rombongan hanya melakukan transit di Stasiun Manggarai, kemudian kami bergegas menuju Peron 9-10 untuk menuju ke Stasiun BNI City dengan menggunakan kereta bandara.  Sama halnya dengan Comnuter Line, Kereta Api Bandara juga tampak bersih dan eksklusif juga nyaman. Saking nyamannya kami sampai betah berada di kereta tersebut meskipun sudah tiba di tujuan yaitu Stasiun BNI City.

4. Jelajah Stasiun BNI City Yang Modern

Pertama kalinya memasuki Stasiun BNI City, saya sempat kagum dengan kebersihannya, kenyamannya serta keramahan petugas dalam melayani penumpang, terutama bagi yang ingin membeli tiket kereta on the spot ada vending machine yang bisa digunakan untuk melakukan transaksi pembelian tiket. Semua fasilitas disini sangat menyesuaikan dengan #GayaGenerasiUrban. Di stasiun ini ada 2 challenge lanjutan yang harus dikerjakan yaitu berfoto di vending machine dan berfoto di ekskalator.

5. Berkesempatan Ketemu Dengan Direktur KAI Commuter Line

Setelah menyelesaikan 6 Challenge yang diberikan oleh kakak panitia, kami mendapat kejutan lagi yaitu hadirnya Bapak yang memberi sambutan hangat, Bapak juga menjelaskan kalau KAI Commuter Line kini sudah melakukan banyak perubahan untuk kenyamanan dan keamanan para pengguna Commuter Line.

6. Seluruh Peserta Pulang Membawa Hadiah Berkesan

Sebelum acara berakhir, kakak-kakak panitia dari Kompasiana mulai membagikan hadiah untuk para pemenang challenge dan souvenir untuk semua anak-anak yang ikut dalam acara ini. Semua peserta yang hadir pastinya kembali kerumah dengan bahagia, termasuk kami yang ingin berterimakasih untuk Commuter Line dan Kompasiana buat keseruan hari ini.