ASUS Vivobook 14X (M1403) Laptop Powerful Dengan Harga Terjangkau

Sebuah notifikasi email terdengar masuk ke smartphone saya siang hari tadi, begitu saya buka, ternyata isi email tersebut adalah sebuah reminder untuk membayar perpanjangan Domain blog saya yang jatuh temponya tak sampai satu bulan lagi. Saya tersenyum saat membaca isi email tersebut,, sambil sesekali merasa takjub pada diri sendiri. Enggak terasa loh tahun 2023 ini adalah kali ke-7 saya memperpanjang Domain blog, itu artinya 7 tahun sudah saya wara-wiri  di dunia Blogger.

Jika di flashback ke belakang, sebelumnya saya tidak pernah menyangka kalau aktivitas saya di dunia maya bisa "sehidup" ini, berawal dari eks seorang wanita karir yang gabut pasca resign dan butuh healing dengan mengikuti berbagai acara bertajuk Seminar Parenting dari yang gratisan hingga berbayar, lalu apa yang saya dapatkan dari berbagai acara tersebut menjadi sebuah cerita yang tertulis dalam sebuah blog bernama indrifairy.com. Nah jika mengingat perjalanan menjadi seorang Blogger, saya menjadi teringat masa kecil dulu, begini ceritanya...

Berawal dari hobi menulis...

Sejak kecil saya suka sekali menulis buku harian, buku jurnal atau menceritakan keseruan travelling bareng keluarga saat Ayah masih berpindah-pindah kota di sebuah buku catatan mungil, nah melihat putrinya yang hobi menulis serta bercerita apapun yang dilihat dan dirasakan, Ayah saya justru mendukung hobi saya tersebut dengan membelikan seperangkat Personal Computer (PC) untuk menambah semangat saya dalam menulis dan bercerita. Bisa dibayangkan dong betapa bahagianya saya saat mendapatkan Personal Computer untuk pertama kalinya. 

Tetapi mengsedih banget saat beberapa cerita pendek (cerpen) yang saya buat pernah ditolak oleh sebuah majalah remaja, padahal saya merasa isinya sudah berbobot, etapi "berbobot" ini menurut saya loh bukan menurut redaksi majalah tersebut hehehe, setelah berkali-kali di tolak semangat saya mulai kendor untuk menulis cerpen, akhirnya waktu senggang saya dirumah, diisi dengan lebih banyak membaca buku dan tetap menulis buku harian secara rutin lalu berhenti saat sudah menikah. Karena setelah menikah, buku yang saya tulis tak lagi buku harian, melainkan buku kas keluarga hehe...

Kemudian di tahun 2013, saya memutuskan untuk resign dari kantor dan full time mengurus rumah tangga. Namun karena terbiasa bekerja di depan layar, saat berada dirumah pun saya masih sering berselancar di dunia maya lewat Laptop milik suami yang selalu standby di meja kerjanya, tetiba muncul kerinduan untuk menulis lagi seputar tumbuh kembang anak-anak dan ujug-ujug di tahun 2016 saya mulai membuat blog dan menulis apapun disana, secara buku harian saat itu sudah tidak trend lagi di kalangan usia cantik seperti saya (baca: kalangan ibu-ibu), apalagi semua sudah beralih ke dunia digital, blog yang saya buat awalnya pun blog gratisan, kemudian ketika mulai serius untuk monetize blog, saya mulai mengganti domain saya ke blog berbayar pada awal tahun 2017.

Kok mau sih jadi Blogger? 

Profesi Blogger ini ternyata menjadi jembatan bagi saya untuk bertemu dengan teman-teman baru, mengajarkan saya untuk berkomunitas, menambah wawasan baru, berkesempatan mencoba produk baru, menikmati jalan-jalan gratis ke objek wisata, staycation gratis di hotel berbintang, keluar masuk restoran ternama hingga meraup pundi-pundi rupiah yang terus saya kumpulkan untuk membeli laptop agar tidak lagi meminjam laptop milik suami hehehe...setelah berdiskusi dengan suami perihal brand laptop terbaik untuk Blogging, beliau tetap menyarankan untuk memilih brand ASUS seperti laptop miliknya. Oleh karena itu begitu uangnya terkumpul di tabungan, akhirnya saya membeli Laptop ASUS pertama saya di tahun 2020, waktu itu harganya masih sekitar 5 jutaan dengan spek yang mumpuni dan masih setia menjadi tempat saya bercerita hingga sekarang. Laptop ASUS ini tak hanya menjadi rekan kerja buat saya namun berfungsi sebagai fasilitator untuk meraup cuan yang terus berdatangan. 

Sayangnya, di perayaan ulang tahun ke-7 www.indrifairy.com kesetiaan saya hampir luntur pada laptop ASUS kesayangan saya dirumah setelah melihat berbagai inovasi dan kecanggihan yang ditawarkan ASUS pada laptop-laptop terbarunya di acara ASUS Blogger Gathering Jakarta yang berlangsung pada tanggal 14 September 2023 lalu di Artotel Suites Mangkuluhur, Jakarta Selatan. Di acara ini ASUS Indonesia, yang dikoordinir oleh kak Katerina mengundang kami para Blogger untuk mencoba langsung produk-produk laptop ASUS, Dari 5 (lima) laptop ASUS terbaru yang dihadirkan, perhatian saya tertuju pada laptop ASUS Vivobook 14X (M1403) yang super ringan dan memiliki fitur luar biasa, makanya...ketika berkesempatan untuk hands on, tanpa berlama-lama lagi saya langsung mengulik inovasi canggih yang dimilikinya, berikut ulasan lengkapnya...

ASUS Blogger Gathering Jakarta
(Doc : Katerina)

Review ASUS Vivobook 14X (M1403)

Laptop bagi seorang Blogger dan Content Creator ibarat seorang asisten pribadi yang membantu semua pekerjaan mereka mulai dari menulis, proses editing hingga mengupload konten dan foto yang siap ditayangkan, agar semua pekerjaan bisa selesai tepat waktu dengan hasil yang memuaskan, tentunya dibutuhkan perangkat yang canggih, powerful namun menawarkan harga yang terjangkau. Semua kriteria tersebut bisa kita temukan di laptop ASUS Vivobook 14X (M1403) 

  • Performa Terbaik di Kelasnya

Vivobook 14X (M1403) ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen 5 5600H yang performanya 2x lipat lebih baik daripada Ryzen 5000 U Series. Prosesor ini biasanya digunakan di laptop gaming karena memiliki TDP 45W, menggunakan konfigurasi 6 core dan 12 thread, dan mampu dipacu hingga 4,2 Ghz. Prosesor tersebut juga dibangun menggunakan arsitektur Zen3 yang lebih powerful dari generasi sebelumnya.

Prosesor AMD Ryzen 5 5600H yang hadir di Vivobook 14X (M1403) juga telah dilengkapi dengan chip grafis terintegrasi AMD Radeon Graphics yang powerful. Chip grafis tersebut memungkinkan Vivobook 14X (M1403) untuk dapat menghadirkan performa pemrosesan grafis yang lebih baik dibandingkan dengan laptop sekelasnya. Dengan kata lain Vivobook 14X (M1403) dapat digunakan untuk berbagai aktivitas yang membutuhkan performa komputasi grafis ekstra, termasuk bermain game.

Vivobook 14X (M1403) dibekali dengan Storage yang besar, sistem penyimpanan dan memori modern. Penyimpanan di Vivobook 14X (M1403) menggunakan PCIe 3.0 SSD berkapasitas 512GB yang tidak hanya memiliki durabilitas lebih baik, tetapi juga performa yang jauh lebih kencang dari HDD ataupun SSD SATA. Sementara untuk memori, Vivobook 14X (M1403) mengandalkan memori DDR4-3200 yang kapasitasnya dapat di-upgrade hingga 24GB.


  • Tampilan Layar ASUS OLED 

ASUS Vivobook 14X (M1403) juga hadir dengan varian yang menggunakan ASUS OLED, yaitu teknologi layar laptop terbaik saat ini. Layar ASUS OLED di Vivobook 14X (M1403) menggunakan resolusi 2,8K (16:10) dan telah dilengkapi dengan beragam fit teknologi serta inovasi sehing menghasilkan layar yang mampu menampilkan visual dengan warna yang sangat kaya, akurat, dan tidak merusak kesehatan mata. Ditambah lagi rasio layarnya dapat menghadirkan ruang kerja lebih luas sehingga penggunanya dapat beraktivitas secara lebih produktif.

Setiap laptop yang menggunakan layar ASUS OLED telah dijamin mampu menghasilkan kualitas visual dengan warna yang sangat kaya dan akurat. Tidak tanggung-tanggung, ASUS OLED memiliki color gamut 100% DCI-P3 dan telah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display. ASUS OLED juga mendukung teknologi HDR dan telah tersertifikasi VESA DisplayHDR True Black. Singkatnya, layar ASUS OLED diciptakan berdasarkan standar kebutuhan industri kreatif. Dengan demikian, semua konten yang ditampilkan oleh ASUS OLED dijamin akurat sesuai dengan apa yang ingin ditampilkan oleh sang pembuat konten.

ASUS OLED juga dibekali fitur bernama Eye Care. Fitur tersebut memungkinkan spektrum cahaya biru yang berbahaya untuk mata dikurangi secara drastis tanpa mengorbankan kualitas visual. Inovasi tersebut membuat ASUS OLED dapat mengurangi paparan radiasi sinar biru yang berbahaya untuk kesehatan mata dalam jangka panjang. ASUS OLED juga telah mengantongi sertifikasi dari TÃœV Rheinland untuk low-blue light dan anti-flicker. Berkat ASUS OLED, pengguna Vivobook 14X (M1403) dapat menikmati sajian visual terbaik sekaligus dapat beraktivitas lebih lama tanpa harus khawatir dengan dampak negatif layar laptop bagi kesehatan mata.

  • Dilengkapi Keyboard ErgoSense, Touchpad Lebar & Engsel 180°

Beraktivitas menggunakan Vivobook 14, (M1403) juga sangat nyaman. Selain memiliki bodi yang ringkas dan ringan sehingga mudah untuk dibawa bepergian, ada engsel 180° yang memudahkan untuk presentasi. Vivobook 14X (M1403) juga telah dilengkapi keyboard ASUS ErgoSense yang dirancang secara presisi sehingga dapat menghadirkan pengalaman mengetik seperti menggunakan keyboard desktop premium. Touchpad Vivobook 14X (M1403) dibuat lebih lebar agar lebih nyaman digunakan.


  • Fitur Lengkap ASUS Vivobook 14X (M1403)

Vivobook 14X (M1403) juga dibekali sistem pendingin ASUS IceCool agar seluruh komponen di dalamnya dapat selalu bekerja secara optimal. Didukung oleh kipas berbahan Liquid Crystal Polymer yang memiliki 87 bilah (blade), sistem pendingin ASUS IceCool mampu mendinginkan komponen di dalam Vivobook 14X (M1403) dengan tingkat kebisingan yang rendah yaitu kurang dari 38 dBA.

Fitur lengkap dan nyaman digunakan juga bisa dirasakan saat menggunakan ASUS Vivobook 14X (M1403) karena port yang sangat lengkap untuk menunjang aktivitas penggunanya, mulai dari USB Type-A untuk koneksi perangkat tambahan, dan 3.5mm combo audio jack untuk menghubungkan perangkat audio. Sebagai laptop modern, Vivobook 14X (M1403) juga dibekali dengan USB 3.2 Type-C agar penggunanya dapat menghubungkan berbagai perangkat modern.

Laptop modern tidak cukup hanya dengan keyboard dan touchpad yang nyaman. Vivobook 14X (M1403) sendiri telah dilengkapi dengan fitur Al Noise-Cancelling yang memungkinkan mikrofon pada laptop ini untuk dapat meredam suara bising yang ada di sekitar penggunanya. Berkat fitur tersebut, pengguna Vivobook 14X (M1403) dapat lebih leluasa beraktivitas kapanpun dan di manapun.

Vivobook 14X (M1403) juga dilengkapi dengan fitur penjaga privasi (Physical Webcam Shield) yaitu penutup fisik terintegrasi untuk memastikan privasi penggunanya tetap terjaga. Selain itu, terdapat fitur pembaca sidik jari (fingerprint sensor) yang terdapat di touchpad-nya. Sensor sidik jari gtersebut telah terintegrasi dengan fitur Windows Hello sehingga penggunanya dapat masuk ke dalam sistem tanpa harus mengetikkan password.

  • Harga Yang Terjangkau

ASUS Vivobook 14X (M1403) hadir dengan fitur memori yang dapat di-upgrade. Tersedia satu slot memori di Vivobook 14X (M1403) sehingga penggunanya dapat menambah kapasitas dan performa memorinya jika dibutuhkan. Proses upgrade juga sangat mudah karena slot memori tersebut dapat diakses hanya dengan membuka panel penutup bawah bodi laptop ini.

Selain mudah untuk di-upgrade, keunggulan lain Vivobook 14X (M1403) ada pada harganya. Vivobook 14X (M1403) merupakan laptop dengan prosesor AMD Ryzen 5000 H-series paling terjangkau saat ini, yaitu memiliki banderol harga Rp.9.599.000. Kehadiran Vivobook 14X (M1403) membuat semakin banyak masyarakat Indonesia yang dapat menikmati pengalaman menggunakan laptop berperforma tinggi dengan harga yang terjangkau

Dari berbagai fitur yang menjadikan ASUS Vivobook 14X (M1403) laptop terbaik untuk meningkatkan produktivitas kerja para Content Creator dan Blogger, rasanya saya akan lebih bersemangat untuk menabung agar bisa membawa pulang laptop powerful dengan harga terjangkau ini.  Karena ASUS Indonesia selalu membuktikan bahwa perangkat yang dibuatnya tak hanya inovatif namun juga cerdas, modern dan berkualitas. 

9 komentar

  1. Kurang lebih sama kayak saya, Mbak. Saya ngeblog juga berawal dari hobi menulis. Pengen cerita tentang keseharian anak-anak. Keterusan deh ngeblog sampai sekarang. Gak nyangka juga. ASUS Vivobook ini juga pastinya membantu banget untuk ngeblog.

    BalasHapus
  2. laptop asus memang keren-keren dan selalu inovatif yaaa. di rumahku juga masih pakai laptop jadul nih entah kapan bisa ganti laptop yang baru

    BalasHapus
  3. Udah lama mau ganti laptop tapi bingung mau merk apa pas banget nih rekomendasi ASUS Vivobook 14x dengan spesifikasi yang canggih sesuai sama apa yang aku butuhkan ..inovatif dan modern

    BalasHapus
  4. laptop memang penting sekarang ya mbak untuk pekerjaan kita sebagai blogger. saya pun pengen banget nih ganti laptop di rumah pakai yang baru soalnya laptop di rumah sudah jadul dan baterainya juga nggak bisa dipakai lagi

    BalasHapus
  5. desainnya keren dan fiturnya juga bikin mupeng yah.

    BalasHapus
  6. Kalau cerpennya masih diingat jalan ceritanya tulis lagi aja mbak, terus jadikan novel. Apalagi ada Vivobook yang ciamik ini yg bikin SemangatCiee

    BalasHapus
  7. Beneeer, harga ASUS Vivobook terjangkau sekali.
    Kemarin anakku juga dapet laptop dari sekolahnya yang series ini. Rasanya seneng banget, bisa belajar menggunakan laptop. Karena hobinya desain grafis juga siih..

    BalasHapus
  8. Asus memang top ya speknya. Selalu menggoda pengin memilikinya. Saya sampe saat ini masih nabung tuk beli laptop baru. Keknya ini bisa jadi salah satu pilihan nanti pas duitnya dah kumpul

    BalasHapus
  9. ASUS ini memang gada hentinya ya bikin inovasi. Banyak variannya. Setiap waktu update terus. Menyasar banyak kalangan pula. Ada buat pelajar dan mahasiswa, bisnis, hingga profesional. Speknya pun disesuaikan. Yang kerennya, tampilannya selalu kece. Huhu kepengen banget deh punya laptop ASUS yang ini, buat gantiin yang di rumah yang udah jebot banget. :D

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung ke www.indrifairy.com
Jangan lupa tinggalkan komentar ^_^