Bahayakah Ruam Popok Pada Anak? Yuk Konsultasikan Ke Dokter!

Ruam popok pada bayi menjadi PR tersendiri untuk setiap mama yang baru saja melahirkan, PR ini tidak hanya berlaku pada New Mom tetapi Mom dengan 3 orang anak seperti saya juga sudah mengalami problematika ruam popok selama 3x melahirkan. Kakak Ai, kakak Drey dan Acha lahir ke dunia ini dengan kisah yang berbeda serta cerita unik yang beragam, salah satunya adalah drama ruam popok.

Si sulung kakak Ai, tumbuh menjadi anak yang chubby dengan bobot yang besar sehingga agak sulit menemukan popok dengan ukuran jumbo saat itu, beberapa kali popok yang saya pakaikan malah membuatnya sering menangis karena muncul iritasi akibat penggunakan popok yang sempit, kulitnya memerah karena gesekan yang terjadi dikulit. Sedih juga sih melihatnya. 

Berbeda dengan si anak tengah, Kakak Drey. Yang tidak bisa memakai sembarang merk popok, dulu ketika Drey baru lahir hingga usianya 2 tahun, pernah suatu waktu saya terjerumus dengan harga popok yang murah, eh malah jadi masalah dan harus keluar kocek untuk konsultasi ke DSA, Diagnosa dokter saat itu adalah kulit Audrey cenderung sensitif dan ada riwayat alergi sehingga ketika urine tidak diserap dengan baik oleh popoknya, muncul ruam kemerahan pada bagian yang tertutup popok tersebut.

Kemudian drama ruam popok yang tak kalah seru terjadi juga pada si bungsu Acha yang saat ini sudah berusia 2 tahun, dalam kasus Acha yang berjenis kelamin laki-laki, ruam kemerahan setelah menggunakan popok seringkali bermunculan di sekitar buah zakarnya, sepertinya sih akibat terlalu lama menggunakan popok dalam keadaan basah dan telat diganti, untungnya segala permasalahan seputar ruam popok, selesai dengan damai melalui berbagai langkah dan perjuangan yang wajib dilakukan oleh seorang ibu untuk kenyamanan si kecil setiap harinya, apa sajakah itu? 

Kenali Gejala Ruam Popok & Pencegahannya

Ruam Popok adalah masalah umum yang sering terjadi pada bayi, biasanya muncul kemerahan di sekitar bokong atau area yang tertutup oleh popok akibat dari popok yang sangat basah, jarang diganti atau bayi terkena diare. Meskipun tidak memicu penyakit yang lebih serius, radang dan kemerahan yang terjadi justru membuat si kecil jadi tak nyaman karena gatal, perih dan bikin tidak nyenyak tidur. 

Lalu gejalanya seperti apa sih Moms? Berhubung sudah 3x menghadapi gejala ini pada anak-anak saya, berikut adalah gejala yang terpampang nyata jika si kecil terkena ruam popok

  • Kemerahan pada kulit disertai gatal pada alat vital, bokong, pangkal paha
  • Bayi menjadi gelisah, rewel karena merasa tidak nyaman
  • Akibat gatal dan perih si kecil jadi sering terbangun di malam hari (tidur terganggu)

Melihat ketiga gejala ruam popok yang terjadi pada ketiga anak saya tersebut diatas, saya tentu tidak tinggal diam. Terutama saat melahirkan anak pertama dimana masih awam sekali akan ilmu Parenting juga pola asuh sehingga membuat saya banyak bertanya kepada teman, keluarga hingga melakukan konsultasi dokter serta mencari informasi seputar penanganan ruam popok dan juga pencegahannya dari media sosial agar tidak langsung panik.

Berbagai Informasi yang saya dapatkan seputar pencegahan ruam Popok akhirnya saya aplikasikan langsung kepada anak-anak, mulai dari mengganti popok saat hampir penuh atau sekitar 4 jam sekali agar tidak timbul iritasi akibat urin dan feses, juga membersihkan area bokong alat vitalnya dengan baik dan sebersih mungkin. Dan yang terpenting adalah pilih popok sekali pakai yang nyaman, daya serapnya baik dan berteknologi tinggi

Nah untuk urusan memilih popok yang tepat agar drama ruam popok tidak perlu terjadi lagi, kini saya dan para Moms lainnya  patut berbahagia karena ada produk popok yang sesuai banget dengan kebutuhan dan kriteria para Moms yaitu MAKUKU SAP Diapers Slim, sebagai pelopor popok dengan teknologi inti baru struktur SAP (Super Absorbent Polymer), dengan keunggulan teknologi SAP inilah MAKUKU dapat membantu ibu-ibu di Indonesia mengatasi ruam popok. Wah jadi makin penasaran nih dengan MAKUKU, tenang Moms...karena saya bakal sharing seputar produk yang satu ini secara lebih dalam, simak terus ya...

Arsya dan MAKUKU

Baru! MAKUKU SAP Diapers Slim

Sejak baru dilahirkan, Arsya termasuk bayi yang tidak pernah rewel, ia selalu tertidur lelap sepanjang malam dan hanya terbangun karena ingin menyusu. Namun belakangan ini tidurnya menjadi gelisah dan bolak-balik bangun karena popoknya bocor, mungkin karena pipisnya lebih banyak seiring bertambahnya usia, akibatnya tidur malamnya menjadi kurang berkualias, Arsya mudah rewel di siang hadi dan tempat tidur dikamar Arsya paling sering request untuk ganti sprei ke si bibi.

Kebocoran popok yang terjadi pada Arsya tentunya sangat menganggu, sebab menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI). periode tidur bayi hingga 1 tahun yang ideal adalah 14 hingga 15 jam. Sementara itu, periode tidur bayi usia 1 hingga 3 tahun yang ideal adalah 12 jam. Dari waktu tidur ini, periode teriama tidur bayi adalah di malam hari, yaitu selama 8 jam

Periode waktu tersebut ternyata tidak hanya mempengaruhi kualitas tidur bayi, kualitas tidur ibu juga terganggu karena harus mengganti popok bayi lebih sering di malam hari. Padahal, Ibu membutuhkan waktu tidur yang cukup untuk memproduksi ASI dan mencegah masalah nifas selama periode postpartum.

Lalu bagaimana pendapat para expert tentang hal ini? dr. S.T. Andreas Cristan Leyrolf, M.Ked (Ped), Sp.A, dokter spesialis anak menjelaskan, "Pada umumnya, bayi perlu mengganti popok setiap 3-4 jam sekali. Hal ini untuk menghindari kontak yang terlalu lama dengan urin dan feses yang dapat meningkatkan pH basa pada kulit. Namun, bayi sering merasa tidak nyaman ketika popok yang digunakan terasa penuh dan bocor sebelum waktu mengganti popok. Kondisi ini menyebabkan bayi lebih mudah rewel dan terbangun. Ketika bayi mengalami gangguan saat tidur, maka Ibu juga otomatis akan mengalami hal yang sama karena harus kembali menidurkan bayi."

Berangkat dari masalah tersebut, MAKUKU Diapers yang hadir sejak tahun 2020, sebagai perusahaan yang berorientasi dalam penyediaan kebutuhan ibu dan anak berkualitas, memposisikan sebagai "profesional, value delivery, intimate friend dan bersama-sama dengan orang tua di Indonesia untuk menyediakan kebutuhan. terbaik bagi si kecil. MAKUKU senantiasa memberikan masa kecil yang "Bahagia, sehat, hangat dan nyaman" untuk anak Indonesia. 

MAKUKU dengan SAP daya serap lebih banyak

 MAKUKU SAP Diapers Slim hadir dengan berbagai keunggulan, yaitu : 

  • MAKUKU SAP Diapers Slim menggunakan teknologi terkini dari SAP (Super Absorbent Polymer) yang merupakan UPGRADE dari yang sebelumnya
  • Daya tampung MAKUKU SAP Diapers Slim lebih besar, sebelumnya hanya 400ml menjadi 500ml. Melalui peningkatan kualitas ini, area penyerapan pada inti struktur MAKUKU SAP Diapers Slim meningkat sebanyak 9% untuk mengurangi kebocoran. Sementara volume urine bayi sendin sekitar 60-100 ml sehingga daya tampung MAKUKU SAP Diapers Slim ini sangat baik.
  • MAKUKU SAP Diapers Slim berukuran Tipis 1.6mm, anti gumpalan, 
  • MAKUKU SAP Diapers memiliki bentuk U (khusus untuk produk NB). 
  • MAKUKU SAP Diapers adalah popok dengan bahan yang lembut dan karet pinggang yang elastis 
  • MAKUKU adalah popok pertama di Indonesia yang menggunakan inti struktur SAP (super sehingga anti gumpal). Popok MAKUKU juga sudah teruji paling tipis diantara popok lain di Indonesia. Selain itu MAKUKU memiliki inti penyerap yang cukup efisien dalam keseluruhan popok. MAKUKU juga sudah teruji unggul dalam hal penyerapan SAP popok

Berkat inovasi dan produk yang luar biasa ini, MAKUKU terpilih sebagai Top Brand dalam kategori Diapers Baby Kesayangan dari Mom & Kids Choice Award, oleh karena itu dengan bangga Branding Director MAKUKU, Lucky Zheng menyampaikan, "Sebagai Top Brand dalam kategori Diapers Baby Kesayangan dari Mom & Kids Choice Award, peningkatan daya tampung popok pada MAKUKU SAP Diapers Slim  tidak hanya ditujukan bagi peningkatan kualitas tidur yang ideal bagi bayi, tetapi juga untuk menjaga kualitas tidur yang baik bagi Ibu. Selain daya tampungnya yang disesuaikan dengan kebutuhan bayi, MAKUKU SAP Diapers Slim dan MAKUKU SAP Diapers Comfort juga meningkatkan kualitasnya dengan teknologi inti struktur SAP (Super Absorbent Polymer). Teknologi ini mampu menyerap lebih banyak cairan dan menguncinya sehingga menekan risiko ruam popok."

Sebuah testimoni dari seorang Momfluencer membuat kita semakin yakin dengan teknologi SAP ini, seperti yang disampaikan oleh Talita Crustita, "Saya sudah cukup lama menggunakan popok MAKUKU. Apalagi saat ini setelah kapasitas popok dan kualitasnya ditingkatkan, saya merasa semakin cocok menggunakan popok MAKUKU SAP Diapers Slim". 

MAKUKU diapers hadir dalam tipe perekat (ukuran Newborn, S. M) dan celana (ukuran M, L, XL, XXL). Seluruh varian MAKUKU SAP Diapers kini telah tersedia di e-commerce kesayangan, Moms dapat berbelanja online dengan mengunjungi akun MAKUKU Indonesia Official di Lazada, Shopee, Tiktok Shop, dan Tokopedia. Di beberapa Supermarket pun produk MAKUKU SAP Diapers Slim sudah bisa ditemukan dengan mudah. 

MAKUKU Berikan Konsultasi Kesehatan Gratis Bagi Ibu Dan Bayi 

Tak hanya menyediakan diapers berkualitas, MAKUKU sebagai brand popok bayi terbaik yang berkomitmen untuk mendukung kesehatan bayi, berupaya untuk memberikan edukasi yang sampai kepada Ibu di Indonesia tepat dan diakui oleh para ahli. Edukasi yang tepat ini diperoleh dengan membangun kerjasama bersama 10 rumah sakit di Indonesia. Tujuannya untuk mengurangi kekeliruan ataupun hoax mengenai kesehatan bayi dengan membuka kesempatan konsultasi ibu dan anak dalam sesi tanya dokter gratis 

Kolaborasi dengan 10 rumah sakit ini akan dilaksanakan untuk mendukung kesehatan bayi di masa pertumbuhan dengan mengadakan konsultasi kesehatan gratis. Program ini diperuntukkan untuk mengedukasi Ibu mengenai masalah ruam popok bayi dan didampingi langsung oleh dokter spesialis anak dan spesialis kulit. 

Photobooth MAKUKU di RS Carolus, Jakarta

10 rumah sakit yang turut serta dalam program kolaborasi ini yaitu:

1. RS St. Carolus di Jakarta

2. RSIA Bina Medika di Tangerang 3. RS Lira Medika di Karawang

4. RS Hermina Pasteur di Bandung

5. RS Hermina Pandanaran di Semarang

6. RSIA Putri di Surabaya

7. RS Mitra Medika Premiere di Medan

8. RSIA Azzahra di Palembang

9. RSIA Bunda Asy Syifa di Lampung

10. RSIA Ananda di Makassar

CEO MAKUKU, Jason Lee mengatakan, "Melalui komitmen yang telah dibangun oleh MAKUKU sejak awal, MAKUKU akan selalu mengupayakan untuk mendampingi para Ibu di Indonesia dalam memberikan yang terbaik bagi bayi. Melakukan konsultasi dengan ahlinya penting bagi ibu untuk memastikan pencegahan dan penanganan yang tepat bagi bayi, khususnya dengan masalah ruam popok. Faktanya, lebih dari 50% bayi akan mengalami setidaknya satu kali masa dermatitis popok intan selama fase pemakaian popok. MAKUKU berharap program ini akan menjadi langkah awal bagi pemangku kesehatan lainnya untuk terus melakukan edukasi yang tepat bagi para Ibu dalam mendukung kesehatan bayi bagi pertumbuhan yang optimal."

Konsultasi Tanya Dokter Gratis MAKUKU

Branding Director MAKUKU, Lucky Zheng menyampaikan, "MAKUKU telah mengadakan konsultasi gratis bagi para Ibu di Indonesia sejak Agustus 2022 untuk menjangkau seluruh Ibu di Indonesia, MAKUKU menciptakan langkah baru, yaitu bekerja sama dengan 10 rumah sakit di 10 kota berbeda. Selain itu, MAKUKU juga akan membagikan popok gratis kepada Ibu yang datang untuk melakukan konsultasi. Para Ibu dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis di 10 kota yang telah dipilih yaitu Jakarta, Tangerang, Karawang, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Palembang, Lampung, dan Makassar mulai tanggal 16 Desember hingga 18 Desember 2022. Nah sebagai pengguna setia MAKUKU diapers, kebetulan saya juga ikut mendaftarkan diri untuk ikutan konsultasi gratis di salah satu Rumah Sakit yang ada di Jakarta tersebut. Yaitu RS Carolus Jakarta Pusat

Testimoni 

Memilih produk popok bayi memang agak tricky, meskipun sudah memiliki 3 anak terkadang saya masih tergiur harga murah namun kualitasnya rendah, akhirnya malah jadi musibah untuk anak, jenis musibah tersebut bisa berupa ruam popok atau iritasi kulit yang jika tidak segera dicegah dan diatasi tentunya akan berdampak pada menurunnya kesehatan si kecil. Pesan dr. Maria SpA di acara konsultasi dan tanya dokter gratis dari MAKUKU kepada saya adalah jika ruam popok tidak bisa diatasi dalam waktu 3-4 hari segera konsultasikan ke DSA karena dampaknya tak hanya menyebabkan anak rewel namun juga dapat menyebabkan Berat Badan Anak berkurang

Beli MAKUKU SAP Diapers di Superindo

Sebagai ibu, saya tentunya ingin memberikan yang terbaik untuk buah hati, salah satunya adalah dengan menyiapkan produk diapers yang berkualitas, terbaik, nyaman digunakan baik di siang hari ataupun malam hari. MAKUKU SAP Diapers Slim hadir menjadi pilihan yang tepat untuk anak saya yang aktif karena memiliki elastisitas pada bagian pinggang sehingga membuat ia leluasa dalam bergerak,  kain yang digunakan juga lebih lembut sehingga mencegah terjadinya iritasi dan gesekan pada kulit. 

Biasanya saya membeli MAKUKU SAP Diapers Slim di Superindo Limus Pratama, kebetulan weekend kemarin lagi dapat potongan harga, jadi saya hanya membayar 90ribuan untuk ukuran XL. Selain harga yang affordable, yang terpenting adalah MAKUKU Diapers memiliki daya serap yang tinggi sehingga dapat mencegah kebocoran. Pokoknya love banget sama MAKUKU. Oiya, buat Moms yang penasaran dengan produk MAKUKU, bisa langsung follow dan like akun Instagram @makuku.indonesia.official dan Website MAKUKU

6 komentar

  1. Beda banget ya pakai makuku .lebih nyaman karena tidak menggumpal. Perhatikan banget biar tidak terjadinya ruam popok karena ruam popok hanya bikin bayi rewel.

    BalasHapus
  2. Soal ruam popok bukan hal sepele, musti segera diatasi agar tidak terjadi iritasi pada kulit bayi.

    BalasHapus
  3. Aku paling serem kalau lihat kulit krna gejala ruam kak. Gatal aja kerasanya. Apalagi kalau yg ngalami bayi ya. Kasihan banget. Milih produk popok yang pas itu emang penting banget sih

    BalasHapus
  4. Teknologi Makuku udah makin canggih ya, mb. Bikin bayi juga bebas beraktivitas kalau pake Makuku Diapers. Apalagi ga bikin ruam popok. Pastinya nyaman ya.

    BalasHapus
  5. Teknologinya Makuku ini bagus ya buat menjaga diapers tetap dalam performa baik, dan pastinya gak bikin ruam popok

    BalasHapus
  6. Aah...beda banget popok lain dengan MAKUKU ya..
    Rasanya kudu banget mencegah daripada sudah terlanjur ruam sehingga anak merasakan sakit dan rewel. Rasanya kasian banget yah..

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung ke www.indrifairy.com
Jangan lupa tinggalkan komentar ^_^