Pengalaman Uji Coba Mobil Listrik Tanpa Sopir di BSD City


Melihat progres pembangunan di kawasan BSD City selalu sukses membuat saya berdecak kagum, dibawah pengembangan Sinar Mas Land, BSD mampu mewujudkan sebuah kota mandiri yang menonjolkan berbagai sisi menariknya mulai dari perencanaan tata kota yang hijau hingga kapasitasnya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan lokasi hunian idaman, fasilitas edukasi yang lengkap, Entertainment Centre hingga sentra bisnis yang menjanjikan bagi para pelaku usaha. 

Padahal sebelumnya, ketika mendengar kata Serpong dan Tangerang, yang tertanam dalam mindset saya adalah sebuah kota yang panas dan gersang, namun di kunjungan pertama kalinya ke BSD City untuk menyaksikan pameran otomotif terbesar beberapa tahun yang lalu, akhirnya merubah mindset saya bahwa BSD City, sebuah kota yang dijuluki Smart City ini bukan hanya kota yang pintar membuat pengunjungnya untuk datang dan datang lagi tetapi juga dapat menjadi contoh bagi kawasan lain untuk mulai menanamkan konsep pembangunan kota yang hijau dan ramah lingkungan.

Dengan konsep kota yang ramah lingkungan, di tahun 2022 ini Sinar Mas Land semakin menegaskan komitmennya untuk terus berkontribusi dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) dengan berbagai inovasi untuk mengembangkan kota pintar berenergi hijau yang lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan lewat pengoperasian Autonomous Electric Vehicles (AV) pertama di Indonesia dalam kawasan BSD City.  

Bus mungil berwarna biru yang sudah saya pantau sebelumnya di akun Instagram @satubsd betul-betul menarik perhatian saya terutama soal pengoperasiannya yang katanya autopilot alias tanpa awak. Nah, saking kepo nya dengan kecanggihan teknologi kendaraan listrik otonom yang satu ini, akhirnya mendorong saya untuk meluncur ke kawasan BSD City pada hari Rabu 19 Oktober 2022 lalu khusus untuk mencoba Autonomous Electric Vehicles (AV) bernama Navya Autonom

Sinar Mas Land Hadirkan Kendaraan Listrik Otonom Bernama Navya 

Sinar Mas Land terus melakukan terobosan demi terobosan untuk mentransformasikan BSD City menjadi sebuah kota pintar terintegrasi, salah satu yang sudah dilakukan adalah dengan menghadirkan fasilitas kendaraan listrik otonom sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas hidup, sesuai peran teknologi yang menjadi salah satu ciri Smart City. 

Navya Autonom memiliki penggerak listrik dan battery pack berkapasitas 33 kWh yang dapat bertahan selama 9 jam. Kendaraan listrik itu berdimensi 4,7 m x 2,1 m dengan kapasitas penumpang 15 orang, dimana formasi 11 orang duduk dan 4 orang berdiri.  Navya dilengkapi dengan beragam sensor mulai dari pemanfaatan GPS (Global Positioning System), sensor LIDAR (Light Radar) yang digabungkan dengan kamera resolusi tinggi untuk big data analysis, kemudian akan diproses oleh komputer yang memiliki spesifikasi tinggi tertanam di dalam mobil. 

Transportasi listrik tanpa awak ini mempunyai kemampuan akselerasi, navigasi, hingga dapat mendeteksi kondisi lingkungan di sekitarnya, termasuk menghindari halangan dan melakukan pemberhentian secara otonom atau real time/waktu sebenarnya untuk menentukan lintasan dan profil kecepatan yang optimal, termasuk kemampuan akselerasi, kemudi, dan pengereman secara otomatis.

Navya Autonomous Electric Vehicles (AV) hadir untuk pertama kalinya di Indonesia dalam kawasan BSD City, merupakan kelanjutan dan kemitraan strategis antara Sinar Mas Land dan Mitsubishi Corporation yang didukung pendanaan dari JICA Mitsubishi Corporation bersama dengan MACNICA Inc. Sinar Mas Land telah berhasil melakukan uji coba tahap pertama Navya Autonom® Shuttle di QBig BSD City pada bulan Mel hingga Juli lalu. Selanjutnya uji coba dilanjutkan di kawasan BSD Green Office Park (GOP) pada 27 Agustus 2022 hingga 5 Januari 2023 mendatang.

Salah satu alternatif moda transportasi baru ini semakin membuktikan komitmen Sinar Mas Land dalam menjawab solusi akan kendaraan yang rendah emisi karbon serta mendorong kehidupan yang berkelanjutan, selain itu transportasi cerdas ini juga dihadirkan untuk melayani mobilitas masyarakat dengan berbagai kecanggihan dan fitur yang dimiliki sehingga dapat merefleksikan gaya hidup yang akan di hadirkan di BSD City dalam transformasi kota mandiri sebagai smart integrated digital city. Kabar baiknya adalah inovasi teknologi terbaru ini akan dipamerkan di G20 Summit yang akan diselenggarakan di Pulau Bali pada bulan November 2022 mendatang. Sungguh membanggakan bukan? Lalu bagaimana sih serunya mencoba Shuttle Bus autopilot ini? yuk saya lanjutkan ceritanya...


 Pengalaman Mencoba Navya Autonomous Electric Vehicles (AV) 

Sekitar pukul 10 pagi, saya dan teman-teman yang sudah janjian untuk mencoba Navya Autonom ini berkumpul di Shelter Bus yang ada di The Breeze BSD City, salah satu pusat hiburan dan belanja yang mengusung konsep open air lifestyle. The Breeze juga dikenal dengan nama Mall Without Walls karena konsep bangunannya yang terbuka, hijau dan asri, keunikan ini tentunya membuat The Breeze terlihat berbeda dengan mall-mall pada umumnya yang 80% nya tertutup oleh dinding.

Sambil menikmati sejuknya The Breeze, dari kejauhan saya melihat armada Navya Autonomous Electric Vehicles (AV) mendekat ke shelter, saya langsung bersiap menunjukkan e-ticket yang sudah saya dapatkan lewat aplikasi OneSmile kepada petugas, kemudian petugas tersebut melakukan scan dan jika berhasil, calon penumpang langsung diarahkan ke dalam bus.

Berhubung saya dan teman-teman berjumlah banyak, akhirnya shuttle bus tersebut langsung full seat, 4 kursi yang berhadapan serta 3 kursi tambahan yang menghadap ke pintu sudah terisi semua, kami pun siap melakukan perjalanan dengan Navya. Oiya jangan lupa gunakan sabuk pengamanan demi keselamatan perjalanan jika sewaktu-waktu bus melakukan pengeremanan mendadak.

Jujurly awalnya kaget ya ketika bus tiba-tiba berhenti saat di depannya ada yang menghalangi seperti orang menyeberang, pohon tumbang atau binatang yang tak sengaja tertangkap sensor, tetapi kemudian saya mulai terbiasa dan merasa lebih tenang dengan autodriving Navya karena di dalam bus kami ditemani oleh 2 orang petugas yang memantau sistem juga memberi penjelasan seputar operasional dari Navya.

Aplikasi OneSmile

Saat ini Navya Autonomous Electric Vehicles (AV) beroperasi di kawasan BSD Green Office Park (GOP) setiap hari Selasa-Minggu pukul 10.00 hingga 17.00 WIB. Masyarakat umum dapat mencoba kendaraan listrik otonom ini secara gratis tanpa dikenakan biaya tambahan apapun. Nah buat teman-teman yang ingin mencoba serunya naik Navya Autonomous Electric Vehicles (AV) simak yuk cara dan ketentuannya dibawah ini...

Syarat & Ketentuan Calon Penumpang Navya Autonomous Electric Vehicles (AV) :

  • Lakukan pendaftaran dan mengisi survei sebelum dan sesudah menikmati kendaraan untuk mendapatkan barcode yang berfungsi sebagai tiket melalui aplikasi OneSmile yang  tersedia di aplikasi Apple App Store maupun Google Playstore. 
  • Tinggi badan calon penumpang minimal 120cm
  • Memasang sabuk pengaman selama berada di dalam bus
  • Seluruh penumpang wajib menggunakan masker
  • Tidak merokok, makan dan minum di dalam bus
  • Tidak membawa hewan peliharaan ke dalam bus
Shelter Bus The Breeze
 
Untuk Pick Up & Drop Off Shuttle Bus Navya Autonom  saat ini berada di The Breeze Main Lobby, kemudian bus berjalan dengan rute Ranch Market - Green Office Park 9 - Traveloka Campus -Sinar Mas Land Plaza - Grha Unilever - Sinar Mas Land Marketing Office - The Breeze. Waktu yang dibutuhkan untuk menempuh perjalanan ini memakan waktu sekitar 7 menitan karena bus melaju dengan kecepatan yang stabil, tidak ngebut sehingga mirip dengan bus rekreasi. 

Pengalaman saya setelah naik bus listrik yang satu ini memang sangat berkesan. Bolehlah disebut Dream Comes True sebab bisa merasakan langsung kecanggihan teknologi berupa kendaraan listrik autopilot yang sebelumnya hanya saya lihat di film dan televisi. Inovasi lain dari BSD City yang saya rasakan manfaatnya adalah telah dibukanya Jalan bebas hambatan (Tol) Serbaraja (Serpong - Balajara) yang belum lama ini diresmikan oleh Presiden Joko Widodo ternyata sangat membantu saya mempersingkat waktu tempuh di perjalanan pulang menuju Cibubur pada siang hari itu. You deserve two thumbs up from me Sinar Mas Land! 

Foto bersama di depan Navya 
Sumber foto : Harris Maulana 


7 komentar

  1. Wah jadi pengen nyobain mobil listrik ini deh..Indonesia juga keren ya sekarang udah ada mobil listrik..gak hanya di film luar saja..

    BalasHapus
  2. Cobain naik mobil listrik aja saya belum pernah, apalagi mobil listrik tanpa sopir kayak gini. Duh..duh..kapan yaa ada di Mataram. Apa sayanya aja ke BSD City dulu buat cobain? hahaha

    BalasHapus
  3. Mantap nih, mobil ramah lingkungan banget, dengan begini polusi udara bisa zero ya kita setanah air bisa sehat selalu, keren

    BalasHapus
  4. Daerah BSD maskin canggih aja nih Keren bngt bis listriknya ya mba pastinya aman bangt buat penumpang apalagi sensor otomatisnya yang tiba2 berhenti kalau didepan ada objek yang menghalangi kapan2 pengen cobain ah ksana

    BalasHapus
  5. Wah jadi pengen nyobain nih mbak kendaraannya. Kebetulan aku sekarang cukup sering ke BSD. Cuma penasaran ini bisa buat umum atau khusus buat yang berdomisili/ ada KTP org BSD aja? :D

    BalasHapus
  6. Seneng makin banyak kendaraan listrik yang berbasis ramah lingkungan.
    Dengan begitu sangat membantu juga agar bumi kita ini tetap terjaga kelestariannya

    BalasHapus
  7. Namanya lucu yaa.. AVYA.
    Dan pengalaman menarik juga seru naik mobil tanpa awak.
    Rasanya deg-degan tapi very excited, pasti yaa..

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung ke www.indrifairy.com
Jangan lupa tinggalkan komentar ^_^