Nikmati Sajian Kopi Tradisional Yang Kekinian Hanya di Dapur Solo



Solo Travelling ke beberapa daerah di Indonesia selalu saya lakukan setiap tahunnya dengan mengambil jatah cuti tahunan, berhubung saat itu masih berstatus single untuk destinasi yang saya datangi adalah tempat-tempat wisata yang ekstrim dan punya banyak kuliner lokal yang lezat,  kemudian setelah menikah dan memiliki anak, hobi travelling dan kulineran tersebut saya lanjutkan bersama keluarga kecil saya, makanya bukan sebuah kebetulan ketika tempat saya bekerja adalah sebuah perusahaan penerbangan ternama yang sudah saya incar sejak masih duduk di bangku kuliahan. Alhamdulillah kesampean jadi karyawan yang bisa mendapatkan previlege tiket pesawat harga ndlosor hehehe. 

Kesempatan ini tentunya tidak mungkin saya lewatkan, selama 10 tahun tahun bekerja sebagai Staff Ticketing, begitu banyak cerita dan pengalaman berharga yang saya rasakan, karena setiap kali rekening saya dan suami di tabungan sudah mulai full tank, saya langsung membuat intinerary perjalanan dalam negeri, enggak lama sih paling 3 hari 2 malam dan dalam 1 minggu travelling saya bisa menginjakkan kaki langsung di 2  (dua) kota

Contohnya saja saat saya dan keluarga travelling dengan tujuan 2 (dua) destinasi beberapa waktu yang lalu, yaitu kota Makasar di Sulawesi Selatan kemudian lanjut ke kota Denpasar di Pulau Bali, selama berada di lokasi, waktu yang cukup singkat tersebut kami habiskan untuk menikmati objek wisata, berburu cenderamata dan juga kuliner khas lokal di kedua kota tersebut. 

Dapur Solo Matraman

Dari semua kota yang pernah saya singgahi sejak kecil, kuliner khas Jawa memang salah satu taste yang paling bisa masuk ke lidah saya, entah karena saya memang seorang keturunan Jawa tulen atau karena kuliner khas Jawa memiliki rasa yang pas dan umum di lidah setiap orang. Jika di flashback kembali saat berkunjung ke Pulau Bali beberapa tahun yang lalu, selama 3 hari disana, saya sempat kesulitan untuk mencari makanan yang aman untuk saya konsumsi, tentunya dari segi rasa dan Halal nya. 

Kemudian si driver yang sehari-hari mengajak saya berkeliling pulau Bali, akhirnya mengantarkan saya ke sebuah restoran yang menyajikan berbagai masakan khas Jawa juga hidangan pelengkap lainnya seperti yang biasanya saya temukan di kota Jakarta. Alhamdulillah akhirnya bisa menikmati makanan khas Jawa yang enak dan Halal disini. Karena buat saya, selain enak, makanan tersebut wajib Halal. 

Nah bicara tentang restoran dengan masakan Jawa yang khas, akhir pekan lalu saya baru saja berkunjung Dapur Solo Matraman, sebuah restoran yang menjunjung tinggi makanan tradisional khas Jawa dan menyajikan hidangan khas kota Solo serta berbagai hidangan nusantara lainnya. Kunjungan saya kali ini bukan menjadi kunjungan biasa karena ada momen spesial bagi saya pribadi dan berita baik bagi semua teman-teman yang rasanya sulit untuk dilewatkan, apa saja kah itu?

Momen Berkesan di Dapur Solo Matraman 

Meskipun baru pertama kali mampir dan berkunjung ke Dapur Solo cabang Matraman, kunjungan kali ini begitu terasa berkesan karena saya jadi semakin paham kenapa sih restoran ini begitu lekat dengan nuansa Jawa? Namun sebelum mengarah kesitu, saya ingin bercerita dulu kepada teman-teman keseruan apa saja dan kabar baik apa yang saya dapatkan dari Dapur Solo, berikut ulasannya....

  • Blogger Gathering di Dapur Solo
Hari Sabtu tanggal 1 Oktober 2022 lalu Dapur Solo menggelar sebuah acara bertajuk "Ngopi Asik di Dapur Solo" dengan tamu undangan beberapa teman Blogger, terdapat acara sesi sharing bersama Kak Putra sebagai tuan rumah sekaligus Host dan juga Kak Puthe sebagai Narasumber di sesi talkshow pada siang hari itu. Kak Puthe sendiri adalah seorang Content Creator dan juga pecinta kopi, beliau berbagi banyak hal seputar pekerjaannya hingga tips memilih kopi yang tepat agar momen ngopi menjadi lebih nikmat. 

Kak Puthe & Kak Putra

Teman-teman Blogger

  • Tour Restoran Dapur Solo Matraman
Setelah sesi Talkshow, saya dan teman-teman blogger diajak untuk berkeliling restoran Dapur Solo cabang Matraman oleh Kak Putra, mulai dari bagian Outdoor hingga bagian Indoor, area Indoornya terlihat begitu otentik karena bernuansa modern meskipun ada unsur nuansa Jawa yang melekat, sedangkan untuk area Outdoor memberi kesan nyaman dan luas karena dihiasi tanaman hijau dan udara yang sejuk. 

Ornamen bagian dalam restoran

Area luar ruangan

Restoran Dapur Solo Matraman yang merupakan cabang ke-35 ini juga memiliki beberapa fasilitas yang melengkapi seperti Ruang Serbaguna dengan kapasitas 60 orang serta 2 (dua) Ruang Meeting dengan kapasitas 15 orang untuk setiap ruangannya. Tersedia parkiran mobil dan motor juga Musholla di bagian depan dan belakang resto sedangkan untuk kapasitas restoran sendiri terdapat 250 seat, sudah termasuk bagian luar dan dalam restoran. Buat teman-teman yang ingin mengadakan Gathering, Meeting Kantor, perayaan ulang tahun dan acara lamaran, saya rekomen deh restoran yang satu ini. 
  • Dapur Solo sudah tersertifikasi Halal MUI
Selama berkeliling restoran Kak Putra bercerita banyak seputar sejarah dan filosofi Dapur Solo hingga Sertifikasi Halal MUI yang sudah dikantongi oleh Dapur Solo. Mendengar kabar baik tersebut tentu saja kami sangat berbahagia, apalagi Sertifikasi Halal bukan hanya sebuah jaminan tetapi sudah menjadi tren gaya hidup masa kini. Sebab ketika kita mengkonsumsi makanan Halal, pikiran akan lebih tentram karena paham bahwa semua hal yang dikonsumsi merupakan produk yang aman dan berkualitas sehingga tubuh akan mendapatkan asupan nutrisi yang baik. Tentunya berbeda dengan ketika masih ada keraguan atas makanan dan minuman yang akan kita konsumsi karena tidak adanya sertifkasi Halal tersebut

Kemarin, ketika melihat langsung bagaimana proses makanan dan minuman dibuat langsung di dapurnya, saya semakin yakin bahwa makanan yang Halal sudah pasti memperhatikan standar kelayakan dan juga kebersihannya sehingga diyakini akan membawa keberkahan dan bermanfaat bagi kualitas hidup. Dengan Sertifikat Halal yang sudah dimiliki oleh Dapur Solo ini sudah pasti akan meningkat juga kualitas yang diberikan. Para pelanggan pun bisa semakin cinta pada restoran yang mengusung tagline #ahlinyamasakanjawa ini

Menu di Dapur Solo

  • Aneka Kuliner Khas Jawa di Dapur Solo
Tagline #ahlinyamasakanjawa ditunjukkan oleh Dapur Solo lewat berbagai menu yang disajikan baik untuk pengunjung restoran maupun pemesan lunchbox dan katering, makanan dengan cita rasa manis dan gurih serta racikan bumbu rempah Indonesia dari Barat Jawa dan Timur Jawa tersebut hadir untuk memanjakan lidah para penikmat kuliner. Salah satu menu nasi yang menjadi favorit dan hits di Dapur Solo adalah Nasi Langgi Solo

Nasi Goreng Jawa, Bakwan Sayur

Menu Nasi Langgi Solo adalah menu spesial yang berasal dari kota Solo disajikan dengan lauk ayam goreng atau empal ditambah lauk pelengkap lainnya, nasi yang disajikan dalam piring biasanya dibentuk seperti kerucut kemudian dihiasi dengan lauk yang rasanya manis dan gurih plus sambal terasi di sekelilingnya, jadi tak hanya terlihat cantik dan unik tetapi juga begitu menggugah selera

Sajian khas Solo lain yang layak menjadi pilihan adalah Nasi Urap Solo, Selat Solo, Lontong Solo dan Timlo Solo. Hidangan khas nusantara yang ada di daftar menu, seperti nasi goreng Jawa, bakwan sayur serta aneka kudapan seperti Serabi Solo dan Sosis Solo sebagai teman menikmati kopi. Oiya bicara tentang Kopi nih, ternyata di Dapur Solo juga memiliki berbagai menu kopi tradisional yang bisa dinikmati oleh para pecinta kopi dan kopi yang disajikan disini bisa dibilang "istimewa" karena masih jarang ditemukan di restoran manapun, seperti apa sih keistimewaannya? mari kita kupas tuntas aneka Kopi Tradisional yang ada di Dapur Solo

  • Kopi Tradisional yang kekinian di Dapur Solo
Menikmati segelas kopi bersama teman dan keluarga sambil bercengkrama sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia sejak dulu, bahkan hingga saat ini pun setiap momen kumpul keluarga besar kami di setiap bulannya, obrolan menjadi semakin hangat gara-gara segelas kopi. Kalau boleh jujur sih awalnya saya sendiri bukan pecinta kopi namun makin kesini tradisi meet up bareng buibuk arisan atau kumpul reuni pasti memilih kedai kopi sebagai lokasinya. Dan sejak saat itu saya mendadak jadi pecinta kopi asalkan momen ngopinya tetap dilakukan usai makan besar karena ada beberapa biji kopi yang cukup strong sehingga jika tidak kuat bisa menyebabkan gangguan tersendiri pada lambung.

Es Kopi Susu Spesial Gula Aren


Alpukat Kopi Gula Aren


Kopi Hitam Putih


Untuk jenis kopi tradisional di Dapur Solo sendiri ada beragam macamnya, beberapa yang bisa dinikmati oleh para pecinta kopi adalah :
  • Kopi Rempah
  • Kopi Jahe
  • Kopi Klotok
  • Es Kopi Susu Coffe Jelly
  • Es Kopi Susu Spesial Gula Aren
  • Alpukat Kopi Gula Aren

Bocorannya nih, varian Kopi Tradisional yang ada di Dapur Solo akan bertambah lagi di bulan Oktober ini yaitu akan dilaunching varian Kopi Tetes dan Kopi Hitam Putih. Oiya...semua kopi yang ada di Dapur Solo berasal dari biji kopi pilihan terbaik dan di proses dengan teknik manual brewing sehingga kesan strong pada rasanya masih ada. Lucky me...kemarin waktu ke Dapur Solo Matraman saya udah cobain varian Es kopi susu spesial gula aren dan Es kopi alpukat gula aren, rasanya pas di lidah saya. 

Menikmati menu kopi tentunya lebih terasa lengkap jika ditemani dengan kudapan, di Dapur Solo menu Kudapannya juga super lengkap. Ada yang manis, gurih, asin dan pedas seperti berikut ini : 
  • Serabi Solo , varian Serabi Solo disini terdiri dari Coklat, Keju, Original dan Nangka
  • Sosis Solo
  • Bubur Jawa
  • Comro & Misro
  • Tahu Gejrot
  • Lumpia Semarang
  • Tahu Petis
  • Tahu Kipas
  • Tempe Mendoan
Dengan begitu komplitnya menu yang ditawarkan, momen makan dan Ngopi Asik di Dapur Solo sekarang bukan hanya impian karena sudah banyak varian Kopi Tradisional plus berbagai menu kudapan yang bisa dipilih. Teman-teman bisa cek menu favorit lainnya di akun Instagram @dapursolo1988. Fyi, Dapur Solo Matraman juga menerima pesanan lunchbox dan katering loh, teman-teman bisa cek menu dan harga lunchbox di link bio Instagram atau datang langsung ke Dapur Solo Matraman
 

5 komentar

  1. Selama ini pas makan di Dapur Solo taunya hanya menu makanan jawa tapi ternyata ada kopi kekinian juga ya bsok2 pengen ah psen kopinya juga

    BalasHapus
  2. Wow .. sudah banyak juga ya cabang dari Dapur Solo ... ada 35 ... semoga bisa buka cabang di Sulawesi juga. Kalau di Sulawesi, resto Jawa setahu saya ada yang mengikuti selera makanan orang Sulawesi ... semoga Dapur Solo bisa tersebar ke seluruh Indonesia.

    BalasHapus
  3. Sering lewat tapi belum pernah singgah, ternyata asik banget ya dalamnya, begitupun juga menu-menunya yang gereget

    BalasHapus
  4. Yang cabang Matraman terlihat cukup luas dan design nya pun cozy banget untuk tempat kumpul bersama keluarga bahkan meeting
    Hampir sajian khas Jawa tersedia apalagi yg kopi rempah itu udh agak jarang ditemui di Jakarta

    BalasHapus
  5. Gak sabar menanti menu baru di Dapur Solo yaa..
    Apalagi untuk penggemar kopi, pastikan untuk gak ketinggalan mencoba leisure time di Dapur Solo Matraman.

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung ke www.indrifairy.com
Jangan lupa tinggalkan komentar ^_^