Cari Tempat Asyik Untuk Rekreasi dan Berolahraga? Yuk #KembalikeAncol

"Selamat pagi Ancol! Kami datang..." tiba-tiba saja anak-anak berteriak dan bersorak gembira saat kami tiba di pintu gerbang Taman Impian Jaya Ancol Minggu pagi kemarin. Gimana enggak gembira coba, setelah kebijakan PPKM yang diberlakukan oleh pemerintah selama pandemi berlangsung, kami baru bisa #kembalikeAncol lagi untuk berekreasi dengan formasi komplit, karena anak-anak dibawah usia 12 tahun sudah bisa ikut berwisata ke Ancol. Yeaay asyik...etapi ada syarat dan ketentuan yang berlaku loh!

Tiga hari sebelum berkunjung ke Ancol, saya sempat kepoin akun Instagramnya @ancoltamanimpian untuk mengetahui Syarat dan Ketentuan apa saja yang harus dilakukan saat melakukan kunjungan, tujuannya tak lain dan tak bukan adalah agar momen rekreasi kami dapat berjalan lancar, aman dan nyaman. Saya juga sempat mencatat nih beberapa syarat & ketentuan yang harus dipatuhi oleh pengunjung, yaitu :

1. Menerapkan protokol kesehatan 3M saat berkunjung
  2. Sudah divaksinasi minimal dosis pertama
  3. Mengunduh Aplikasi Peduli Lindungi
  4. Anak-anak dibawah usia < 12 tahun sudah boleh masuk ke Ancol dengan didampingi orangtua yang sudah melakukan vaksinasi
  5. Lansia dengan usia 70 tahun keatas dan Ibu Hamil belum dapat berkunjung ke Ancol
  6. Pembelian tiket masuk dilakukan melalui Website Ancol maksimal H-1

Lalu setelah membaca dengan seksama beberapa peraturan diatas, Pak Suami langsung membeli tiket masukmya melalui situs resmi Ancol, yaitu di www.ancol.com.  Proses pembayaran juga lebih praktis ya karena Cashless. Langsung Order sekalian deh sama tiket kendarannya. Biar pas datang enggak ribet lagi.

Ketika masalah tiket udah beres, waktunya kita bikin planning nih mau ngapain aja sih nanti di Ancol? Karena saking luas dan lengkapnya objek wisata ini, saya sampai harus mengatur waktu agar bisa senang-senang bersama sepuasnya di Ancol.Pastinya bersama keluarga tercinta dong! Terus bisa ngapain aja sih kita saat berada di Ancol?

1. Olahraga Pagi

Hari yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba, anak-anak bangun lebih pagi karena mereka begitu bersemangat untuk pergi berwisata ke Ancol, namun sebenarnya...selain ingin menikmati momen rekreasi bersama keluarga tercinta, kami juga ingin berolahraga pagi bersama di pinggir pantai Ancol yang indah, secara ya bun... selama masa pandemi berlangsung, aktivitas olahraga lebih sering dilakukan #dirumahsaja dengan sepeda statis dan treatmill.

So...mumpung bisa berolahraga di area terbuka dengan view pantai Ancol dan pasir putihnya, rasanya sayang banget kan untuk dilewatkan. Apalagi olahraga sangat baik untuk kesehatan, dan pemandangan yang indah serta semilir udara yang sejuk bisa menambah mood dan semangat untuk tetap bergerak aktif

Setiba di Ancol, kami langsung memakirkan kendaraan di dekat lokasi Pantai, beberapa orang yang lewat di depan kami sudah bercucuran keringat diatas sepedanya, ada juga yang jogging atau sekedar jalan pagi sambil menikmati udara pagi Ancol yang segar.

Tanpa babibu lagi, kakak langsung mengeluarkan sepatu rodanya dari bagasi dan si adik juga ikut-ikutan sibuk mengambil peralatan bermain pasirnya untuk dibawanya ke pantai, sementara saya dan pak suami sudah siap dengan kostum dan sepatu running yang kami pakai dari rumah.

Ketika mulai berlari disekitar dermaga, saya menemukan sensasi yang berbeda dari biasanya, hamparan langit yang biru dan udara segar pantai, betul-betul dapat menghilangkan penat. Anak-anak jadi ikutan semangat untuk ikut berlari pagi di sekitaran jembatan cinta. Hingga tak terasa waktu menunjukkan pukul 08.30 pagi dan kami belum sempat sarapan, untungnya di Ancol ada restoran yang buka mulai jam 8 pagi. Duh selamat deh kami dari kelaparan pagi hari hihihi...

2. Sarapan Di Tepi Laut

Restoran yang saya maksud adalah Ayam Tepi Laut, sesuai dengan namanya, resto ayam ini memang berlokasi di pinggir laut Ancol, berada tepat di bundaran utama pintu gerbang masuk Ancol dan tugu Symphony Of The Sea. Istimewanya, bagian outdoor resto Ayam Tepi Laut ini memiliki view yang indah dan instagramable.

Setiap pengunjung yang makan disini akan merasa betah dan nyaman dengan suasana yang ditawarkan.. Nah kalau bicara menu, Ayam Tepi Laut menawarkan varian menu ayam original hingga Rice Bowl yang  khas, salah satu yang saya pesan adalah Rice Bowl Udang Sereal.

Soal harga juga the best banget, mulai dari 25 ribuan kita udah bisa menikmati  Paket ayam plus nasi khas ATL. Sementara untuk Rice Bowl sendiri harganya sekitar 35ribuan saja. Jangan lupa untuk pepotoan disni agar lebih afdol momen kulinerannya.

3. Rekreasi Bersama Keluarga

Taman Impian Jaya Ancol adalah objek wisata paling lengkap di kota Jakarta, berbagai wahana menarik dihadirkan untuk memanjakan para pengunjungnya. Beberapa lokasi berikut ini bukan hanya populer di negara tetangga namun juga menjadi favorit karena keseruan yang disajikan, tempat-tempat tersebut adalah sebagai berikut :

• Dunia Fantasi, yaitu wahana bermain yang ekstrem dan seru serta menguji adrenalin
  • Ocean Dream Samudera, yaitu berbagai pertunjukkan dan aksi hewan-hewan laut seperti Lumba-Lumba
  • Seaworld, yaitu Aquarium besar yang berisi segala jenis ikan di dalamnya
  • Atlantis Waterpark yaitu wahana berenang dengan berbagai tantangan
  • Fauna Land, yaitu tempat berwisata sambil mengenal fauna yang ada di Indonesia
  • Allianz Ecopark, yaitu ruang terbuka hijau yang bisa digunakan untuk acara-acara tertentu dan sebagainya.

Saat ini begitu banyak yang berubah dari objek wisata yang paling lengkap di Jakarta ini, misalnya dalam penerapan Protokol Kesehatan selama berwisata, para pengunjung harus tetap mengunakan masker dan menjaga jarak. Aktivitas berenang di pantai juga belum diperbolehkan untuk saat ini, tentunya semua peraturan tersebut dibuat untuk mencegah penularan Covid-19.  Karena kita ingin Indonesia secepatnya bisa pulih dari pandemi. Kalian pasti jadi enggak sabar nih mau olahraga pagi sambil kulineran di tepi laut Ancol juga kan?